UMKM Didorong Gabung IFEX 2015 Yang Menargetkan 8000 Pembeli dari 120 Negara

UKMSukses.com – Indonesia Furniture Expo (IFEX) akan kembali diselenggarakan di Jakarta pada bulan Maret 2015.  Pameran yang memamerkan produk-produk meubel produksi pengrajinan Indonesia ini, akan diselenggarakan kembali oleh Asosiasi Meubel dan Kerajinan Indonesia (AMKRI).

Pada kesempatan launching IFEX di Ballroom Hotel The Sahid Rich Jogja, Selasa (26/8/2014), Sekretaris Jenderal (Sekjen) AMKRI, Abdul Sobur mengharapkan keikutsertaan UKM lebih besar lagi untuk tahun depan. AMKRI memberikan data para UMKM yang ikut tahun lalu ada sekitar 28 UMKM dan 21 pengusaha meubel dengan total 49 stand dengan luas 900 meter persegi. Tahun depan penyelenggara menyediakan 1.500 meter persegi dengan kapasitas 50 stand untuk UMKM.

Penyelenggara berjanji akan memperbanyak stand handy craft pada event tahun depan. Para peserta UMKM dari sektor handy craft tahun lalu diberi kesempatan gratis mengikutinya, Antusias pembeli dan peserta banyak, maka tahun ini kami akan tambah standnya namun sudah berbayar.

Dikutip dari Solopos.com, penyelenggara akan mengundang lebih 8.000 buyer (pembeli mancanegara) dari 120 negara. Tahun lalu berhasil membawa 6.000 buyer dari Australia, Amerika, Eropa, Timur Tengah dan Afrika. Total yang datang berasal dari 120 negara. AMKRI berharap mencapai target transaksi penjualan untuk tahun ini hingga US$ 2 miliar.

“Kami mengundang lebih banyak lagi peserta baik dari UMKM maupun perusahaan untuk ikut pameran ini, karena berpotensi besar untuk meningkatkan bisnis mereka dan memperkenalkan produk Indonesia ke mancanegara, Mereka harus terlibat aktif. Kami juga akan menfasilitasi UMKM yang berpotensi eksport,” ungkap Sobur. Lanjutnya, Sobur mengatakan bahwa tahun lalu IFEX diikuti 600 perusahaan dengan 70% transaksi dengan nilai transaksi  di tempat mencapai US$ 300 juta. Dan kemudia, transaksi setelah pameran dari data yang masuk mencapai US$ 800 juta. Sehingga tahun lalu terjadi transaksi mencapai US$ 1,1 miliar.

Penyelenggara sejauh ini sudah memperkenalkan dan menggelar pendaftaran bagi peserta di berbagai daerah. Selain Yogyakarta, kota yang sudah didatangi yaitu : Jepara, Bali, Semarang dan Jakarta. Dan akan dilanjutkan dalam waktu dekat ini ke kota : Surabaya, Cirebon dan Bandung. “Bagi yang ingin bergabung, silahkan isi formulir di situs internet IFEX,” tutup Sobur. (ai/r)

Foto : http://ifexindonesia.com/2015/

Admin @ukmsuksescom
Admin @ukmsuksescom
Ditulis dan diposting oleh Admin UKMSukses.com

Leave a Reply


5 + 9 =