Start Small and Growth Fast

Screen Shot 2015-04-20 at 1.09.57 PMUKMSukses.com – Banyak orang yang mencoba peruntungannya dengan membuka usaha, namun kemudian ia gagal. Hasil studi menunjukan bahwa lebih dari separuh usaha yang dibangun oleh wirausaha pemula, “gulung tikar” sebelum ulang tahun pertamanya. Dan sebagian besar lainnya berjalan ditempat. Hanya 4 dari 100 usaha yang dirintis, berhasil tumbuh menjadi bisnis yang besar.

Hasil study yang saya lakukan menunjukan, separuh dari bisnis yang gagal itu karena START nya yang salah, dan separuh lainnya saat sedang tumbuh alias GROWTH.

Jadi titik kritis bagi seorang wirausaha pemula itu ada dua, yang pertama adalah saat start, dan kedua saat bertumbuh. Kedua situasi ini seperti pesawat yang sedang landing dan take off. Kedua situasi ini adalah situasi yang paling kritis bagi pilot manapun. Karenanya sang pilot harus bekerja dengan penuh konsentrasi. Begitu pun bagi pengusaha pemula, dalam kedua situasi ini Anda harus penuh konsentrasi, sehingga bisa menerbangkan bisnis pada ketinggian yang Anda inginkan.

Penyebab utama kegagalan saat memulai suatu usaha (start), seringkali bukan karena mereka tidak berpengetahuan atau kurang bekerja keras. Namun kesalahan yang umum terjadi adalah karena mereka hanya merubah profesi-nya saja, dari pekerja menjadi wirausaha. Padahal, yang pertama kali harus mereka lakukan jika ingin menjadi seorang wirausaha adalah mengubah caranya berfikir, dari mindset seorang pekerja menjadi mindset seorang pengusaha. Mereka yang tidak berhasil mengubah mindset inilah yang akan menutup usaha sebelum ulang tahun pertamanya.

Titik kritis kedua adalah saat bisnis mulai berkembang. Pada tahapan ini banyak pengusaha yang pondasinya belum kokoh dipaksa untuk bertumbuh (adakalanya berkembang sangat cepat) karena tidak bisa melewatkan kesempatan yang ada dihadapannya. Mereka pikir akan dapat mengelola bisnis dengan baik, seperti sebelumnya saat bisnisnya masih kecil. Padahal berhasil mengelola bisnis skala kecil belum jaminan untuk bisa sukses mengelola bisnis skala besar.

Karena itu, bagi teman-teman yang baru memulai usaha atau akan membuka usaha baru. Biasakan untuk mulai berbisnis dari skala kecil. Rumus untuk membangun bisnis itu adalah START SMALL and GROWTH FAST.

Kenapa harus mulai dari yang Kecil?

  1. Kita mempunyai kesempatan untuk mempelajari bisnis secara mendalam, sehingga kita akan paham seluk beluknya.
  2. Kita bisa menyiapkan tiga pilar utama bisnis: Sistem, SDM dan Financial; dengan baik. Karena dengan skala yang masih kecil, pengendaliannya jauh lebih mudah.

Jika semua pilar bisnis kita sudah kuat. Barulah kita terbangkan bisnis kita secepat yang kita mampu lakukan. Dengan demikian kita akan melewati dua tahap kritis ini dalam berbisnis ini dengan aman.

www.facebook.com/armala

Armala
Armala
Armala adalah president dan master trainer di Human Plus Institute yang memiliki pengalaman internasional di bidang pengembangan sumber daya manusia. Bidang spesialisasinya adalah Behavior Change (perubahan perilaku) dan Productivity Improvement (peningkatan produktivitas), sesuai dengan sertifikasi internasional yang dimilikinya Certified Behaviour Change Specialist dan Certified Productivity Specialist, yang diperolehnya dari Association of Productivity Specialist (APS) yang berkedudukan di New York, USA.   Beliau memiliki pengalaman profesional lebih dari 20 tahun di berbagai bidang industri. Memulai karirnya sebagai penyelia hingga menduduki posisi senior manajemen.   Kumpulan artikel : http://ukmsukses.com/author/armala Facebook : http://facebook.com/armala

Leave a Reply


8 + = 16