Peluang dan Tantangan Industri Kreatif Indonesia

UKMSukses.com – Indonesia memiliki potensi pengembangan industri kreatif yang sangat besar. Badan Pusat Statistik Indonesia mencatat bahwa Indonesia memiliki 1.128 suku bangsa. Setiap suku memiliki bahasa, tarian, rumah adat, pakaian adat, dan makanan khas yang beragam. Selain kekayaan demografi, Indonesia tersusun dari 17.504 gugusan pulau; menjadikan Indonesia sebagai destinasi pariwisata yang mengagumkan. Kekayaan budaya nusantara inilah yang menjadi penyubur berkembangnya industri kreatif di Indonesia sekaligus suatu keunggulan kompetitif yang tidak dimiliki negara lain.

Indonesia yang saat ini tengah mengalami bonus demografi memiliki porsi jumlah penduduk usia produktif lebih besar dibandingkan penduduk usia nonproduktif. Industri kreatif yang banyak dimotori kaum muda dapat berkembang pesat saat bonus demografi berlangsung.

Selain faktor kekayaan budaya dan sumber daya manusia, Indonesia juga mengalami kondisi ekonomi yang cukup baik. Hal ini ditandai dengan bertambahnya jumlah masyarakat berpendapatan menengah. Peningkatan kemampuan ekonomi dan daya beli masyarakat merupakan peluang yang menguntungkan bagi industri kreatif dalam negeri untuk terus berkembang. Masyarakat rela membayar sedikit mahal untuk membeli barang yang lebih berkualitas.

Di sisi lain, industri kreatif domestik juga menghadapi tantangan yang cukup berat. Memasuki era pasar bebas ASEAN akhir 2015 mendatang, industri kreatif dalam negeri harus bersaing dengan produk-produk impor dengan harga dan kualitas yang kompetitif, khususnya produk-produk dari Singapura, Malaysia dan Thailand. Jumlah penduduk Indonesia yang besar dan kenaikan jumlah masyarakat berpendapatan menengah menjadikan Indonesia sebuah pasar yang sangat menarik, tidak hanya bagi negara-negara di kawasan ASEAN, tetapi juga negara lain seperti Jepang, Korea, China, dan Eropa. Selain kualitas produk, faktor lain yang tidak kalah penting bagi produk industri kreatif adalah menciptakan brand image produk lokal. Strategi marketing dan branding produk industri kreatif Indonesia perlu ditingkatkan sehingga dapat menghasilkan nilai tambah dan berdaya saing.

Industri kreatif sangat bergantung dengan kualitas sumber daya manusia. Bonus demografi di Indonesia dapat mendorong berkembangnya industri kreatif asal diimbangi dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Jika banyaknya jumlah penduduk tidak diimbangi dengan peningkatan kualitas, kondisi tersebut hanya akan menambah angka ketergantungan.

Peluang dan Tantangan Industri Kreatif Indonesia

Dari 15 sektor industri kreatif, fesyen merupakan salah satu industri yang berkontribusi besar dalam pengembangan industri kreatif di Indonesia. Pada tahun 2013 lalu, nilai output industri fesyen mencapai 181 trili- un rupiah. Jika industri kreatif menyumbang 7% kepada Produk Domestik Bruto, maka 2%-nya berasal dari in- dustri fesyen. Pertumbuhan industri fesyen tahun 2013 adalah sebesar 6,4% atau lebih besar dari pertumbu- han nasional yang sebesar 5,7%. Dalam perdagangan internasional, nilai ekspor industri fesyen mencapai 76 triliun rupiah pada tahun 2013.

Bertambahnya jumlah masyarakat berpendapatan menengah di Indonesia merupakan salah satu faktor pendorong berkembangnya industri fesyen. Banyak masyarakat yang bersedia membayar sedikit lebih ma- hal untuk produk desain yang lebih baik, terutama untuk brand dalam negeri.

Selain Malaysia, produk fesyen yang saat ini marak diproduksi industri kreatif di Indonesia adalah busana muslim. Berbagai produk busana muslim yang telah mendunia di antaranya Mumtaz, Dian Pelangi, Shafira, Up2date, dll. Diperkirakan setiap tahunnya transaksi sektor busana muslim di pasar dunia mencapai US$ 96 juta dolar atau sebesar Rp. 820,799 triliun.

Sumber : Jurmal Kadin UKM Edisi 1-8 Agustus 2014

Sumber foto : http://kanalsatu.com

Jurnal Kadin UKM
Jurnal Kadin UKM
Jurnal KADIN UKM adalah buletin rutin yang diterbitkan oleh Pengurus KADIN Indonesia Bidang UMKM dan Koperasi. Bertujuan memberikan informasi dan pengetahuan kepada para UMKM dan Koperasi di Indonesia agar maju dalam perekonomian dan bisnis. Web : http://kadinindonesia.or.id. Kumpulan artikel : http://ukmsukses.com/author/kadinukm/ Follow : @kadinindonesia
http://kadinindonesia.or.id

Leave a Reply


6 + = 7