Modal Penjualan adalah Kredibilitas

kredibel dalam bisnisUKMSukses.com – Orang bilang, bisnis adalah suatu yang dibentuk dengan “kepercayaan”. Dengan kata lain dalam mencapai kesuksesan dalam berbisnis diperlukan kredibilitas. Maka yang disebut dengan kridibel itu adalah dapat dipercaya, jadi sebagai seorang pebisnis itu harus kredibel atau dapat dipercaya. Namun, bukan berarti dapat dipercaya janjinya, dapat dipercaya kemampuannya atau dapat dipercaya penawarannya (penjualannya).

Lebih dari itu bahwa kalau anda adalah seseorang yang bisa diartikan kredibel maka sesungguhnya anda telah membangun modal sebagai awal usaha dalam menjual atau mempromosikan integritas anda. Karena dengan kredibel anda akan jauh lebih mudah untuk sukses dalam berbisnis, dimana semakin tinggi kredibilitas seseorang, maka semakin mudah untuk membeli diri anda. Misalkan saja mudah dalam akses pencarian modal, mudah dalam memasarkan barang dagangannya dan bahkan mungkin mudah mendapatkan penawaran tanpa memerlukan modal usaha yang besar.

Baca juga : Seperti Apa Tipe dan Karakter Diri Seorang Pengusaha? Kenalilah

Sesuatu yang dilakukan ketika berinteraksi dengan konsumen dapat meningkatkan atau justru menurunkan kredibilitas dimata para konsumen. Maksudnya adalah sumber-sumber modal kepercayaan adalah mereka pebisnis yang mempunyai kredibel. Seperti yang dicontohkan oleh pengusaha muda Dampu Design mereka memasarkan penjualannya dengan komunikasi personal kepada klien-kliennya sehingga banyak dibantu  juga oleh klien-klien yang puas dengan layanannya, sehingga disebarkan kembali kepada rekan lain yang membutuhkan desain dari Dampu Design.

Baca juga : Mengembangkan Bisnis UMKM melalui Komunikasi Personal

Maka yang tumbuh adalah kata rekomendasi dari para pelanggannya yang merasa puas, rekomendasi tersebut bisa saja dari keluarga, relasi atau yang lebih luas cakupannya yaitu asosiasi pelanggan. Oleh sebab itu, para pelanggan menjadi modal penting sebagai acuan menetapkan kepercayaan dan kredibilitas yang menaruh harapannya dengan para pebisnis tersebut. Menurut buku “The Way To Weakth” karya Brian Tracy, sebanyak 95 persen penjualan dihasilkan dari rekomendasi. Pada intinya adalah anda perlu usaha dan kerja keras guna dapat dipercaya oleh banyak orang guna menjadi sesuatu yang kredibel.

PHOTO : unsplash.com

 

Iim Rusyamsi (@iimrusyamsi)
Iim Rusyamsi (@iimrusyamsi)
Pemilik bisnis di bidang IT dan Pendidikan. Berkecimpung di dunia bisnis sejak tahun 2000. Saat ini adalah Founder dan CEO PT Mitratama Global Sejahtera dan Direktur & CMO ukmmarket.co.id. Salah satu pendiri Komunitas Tangan Di Atas dan Presiden TDA (2008-2011). Iim aktif menulis Kolom #KlinikUKM pada Detik.com (Detik Finance). Kumpulan artikelnya : http://ukmsukses.com/author/iimrusyamsi/ Follow : @iimrusyamsi Blog: http://iimrusyamsi.com
http://iimrusyamsi.com

Leave a Reply


8 + = 12