Meniti Mimpi Mandiri

Screen Shot 2015-03-11 at 1.44.09 AMUKMSukses.com – Tampaknya belakangan ini makin banyak orang yang terketuk hatinya untuk memilih berwirausaha alias membuka usaha sendiri sebagai sumber matapencahariannya. Entah karena terpaksa, trend, malas untel-untelan antri melamar kerja atau malah kecemplung nda sengaja.

Banyak pasti alasannya, tapi sudahlah, saya tak merasa berhak untuk secara teoritis mengulitinya satu per satu. Baiknya mereview saja perjalanan saya sampai akhirnya berkubang penuh di dunia wirausaha sekarang ini.

Sekitar 12 tahun lalu, ditengah berbunga-bunganya hati saya karena baru saja diterima bekerja di salah satu perusahaan besar, bos saya bertanya,

“Rencana kamu ke depan akan bagaimana?”

Entah sadar atau tidak, penuh antusias saya menjawab,

“Seperti kebanyakan desainer grafis, saya juga memimpikan punya studio desain sendiri mba suatu saat nanti”

Rupanya kalimat itu yang diam-diam bersemayam di hati saya, hingga setelah menimba ilmu di sana-sini, lima tahun yang lalu saya memutuskan untuk berhenti menjadi karyawan dan memulai usaha studio desain grafis saya.

Bukan perkara mudah. Saat pertamakali melaunching pemikiran itu secara serius ke para kerabat, hanya 1 orang yang mendukung. Sisanya yang sekian puluh menentang, termasuk ibu saya tercinta. Keluarga saya memang bukan keluarga yang memiliki tradisi wirausaha. Saya paham, mereka tak bermaksud memberati, hanya mereka khawatir jalan baru yang ingin saya terabas ini terlalu terjal dan akan membuat saya jatuh, klenger atau malah tak bangun lagi. NEXT

Nangwe (@nangwelogy)
Nangwe (@nangwelogy)
Nanang Wahyudi biasa dipanggil Nangwe adalah Founder & Managing Director Dampu Design dan Founder Rumah Makan Saung Prang Pring. Selain berbisnis, beliau juga aktif menjadi pemerhati UKM khususnya terkait dengan kemasan/packaging dan design. Di tengah kesibukannya, NangWe juga adalah Dosen Kewirausahaan dan Desain Kemasan Politeknik Negeri Jakarta di Depok. Kumpulan artikel : http://ukmsukses.com/author/nangwe Twitter: @nangwelogy.

Leave a Reply


7 + = 14