Menghadapi Usaha Sejenis di Lokasi yang Sama

PAs Foto RM DSC_0133UKMsukses.com- Pada sebuah diskusi di kelas wirausaha UMKM, kami mengumpulkan ide untuk memulai bisnis apa yang mau dijalankan pada suatu lokasi. Banyak ide yang muncul dicetuskan oleh para peserta diskusi.

Ada ide, mulai dari usaha kuliner, laundry, pangkas rambut, busana muslim, cuci kendaraan dan sebagainya. Namun biasanya ide tersebut dibatalkan oleh peserta lain, dengan alasan sudah ada yang usaha sejenis di lokasi yang sama alias sudah ada pesaing.

Bagamana jika sudah ada pesaing dengan usaha yang sejenis, apa yang kita lakukan ?

Mundur ? atau mencari ide jenis usaha lain agar tidak bersaing langsung dengan kompetitor yang lebih dulu ?

Memang idealnya kita ingin selalu menjadi yang pertama di market, sehingga hanya usaha kita satu satunya yang melayani market tersebut. Sungguh kondisi ideal namun itu jarang terjadi.

Untuk menjawab pertanyaan diatas, ada baiknya kita mulai dari fokus pada market

Apakah marketnya potensial ? lokasi yang ramai ? karakter lokasi ? target market ? Selama marketnya masih besar , berarti peluang kita untuk berhasil juga masih ada.

Tidak usah khawatir jika pesaing sudah mulai duluan, selama market atau pasar cukup besar,tetap ada peluang bagi kita, jangan biarkan pesaing menjadi satu satunya yang melayani pasar tersebut.

Tentunya untuk menarik perhatian market, kita harus melakukan diferensiasi dengan pesaing yang sudah eksis. Buatlah perbedaan yang membedakan anda dengan pesaing yang sudah ada, sehingga pelanggan tahu ada alternatif lain bahkan lebih baik dibandingkan pesaing anda.

Buatlah perbedaan dengan produk, pelayanan, cara berjualan, kemasan dan banyak hal lainnya, namun hal itu dapat dimulai dari hal kecil, jika pesaing anda tidak memakai seragam, baiknya kita memakai seragam, pesaing anda tidak berikan salam, kita gunakan salam selamat datang kepada pelanggan, intinya buatlah perbedaan dengan pesaing dan lakukan dengan konsiten, sehingga market akan sadar dan tertarik menjadi pelanggan kita.

Jadi jika sudah ada pesaing yang sudah eksis, tetap semangat, hadapi dengan diferensiasi.

Semoga bermanfaat!

Rully Mardjono (@rullymardjono)
Rully Mardjono (@rullymardjono)
Mengawali karir sebagai sales, hingga sebagai country manager di perusahaan asing, sekarang ini sebagai pengusaha dan founder Sigrax, perusahaan bergerak di bidang Aplikasi Manajemen Pemeliharaan Asset , selain berbisnis aktif beliau menyempatkan diri sebagai pengajar di bidang Ekonomi dan Technoprenuership di Fakultas Teknologi Industri Universitas Trisakti. Kumpulan artikelnya : http://ukmsukses.com/author/rullymardjono/ Follow : @rullymardjono Email: rumarso@gmail.com

Leave a Reply


− 4 = 4