Mengembangkan Bisnis dengan Meminimalisir Resiko Paling Kecil

risk_managementUKMSukses.com – Resiko dalam usaha bisa datang dari mana saja, kapan saja dan dari berbagai macam cara misalkan  ketidakpastian akan keuangan, ancaman, management dan proyek dalam hal ini seperti kegagalan desain, pengembangan, produksi, pemasaran baik itu semua disengaja ataupun tidak. Dalam resiko bisnis ada dua acara yang harus dicermati yaitu peristiwa negatif dapat diklasifikasikan sebagai resiko dan peristiwa positif bisa diartikan sebagai peluang.

Apapun jenis usaha anda baik itu bisnis barang atau jasa, anda harus tahu dan memahami tentang management resiko/risk management dengan tujuan agar meminimalisir resiko paling kecil bilamana terjadi ketidakpastian dalam mengembangkan bisnis. Misalkan saja anda sebagai agen reseller dari penjualan dan pemasaran makanan “setengah jadi” yaitu rujak cireng. Anda tahu penjualan dan pemasaran tersebut lancar dan laris sehingga semuanya berjalan dengan apa yang anda inginkan dan targetkan.

Seandanya sewaktu-waktu bisnis anda terjadi kegagalan atau setidaknya penurunan omzet yang cukup signifikan maka anda harus cepat berfikir ulang mengenai management resiko dalam berbisnis agar apa yang sudah diinvestasikan pada usaha tersebut dapat kembali. Caranya yaitu dengan merubah pemasaran dan penjualannya, misalkan biasanya untuk pemasaran melalui pemesanan lewat akun media sosial seperti via bbm, twitter, instagram atau sejenisnya, kita ganti dengan cara pemasaran langsung kepada konsumen dengan memberitahukan tempat penjualannya tersebut. Sedangkan untuk penjualan anda bisa ganti dengan yang sudah jadi.

Maka dari itu, sudah barang tentu setiap usaha yang dilakukan harus sudah menerapkan management resiko untuk meminimalisir resiko paling kecil maksudnya adalah untuk menghindari terjadinya ketidakpastian atau meminimalisir yang tidak diinginkan oleh semua elemen perusahaan. Oleh karena itu, pada gilirannya secara keseluruhan dapat meningkatkan kembali pendapatan dari usahanya itu. (ang)

Sumber foto : unomaha.edu

Admin @ukmsuksescom
Admin @ukmsuksescom
Ditulis dan diposting oleh Admin UKMSukses.com

Leave a Reply


+ 9 = 11