Mencari karyawan yang tepat

karyawanSaat Anda sudah mempunyai konsep bisnis UKM yang tepat dan sudah mempunyai strategi yang siap diimplementasikan, ini berarti saatnya Anda mencari karyawan yang tepat untuk bisnis Anda.  Tujuan utama kegiatan ini adalah menempatkan karyawan yang punya keahlian yang tepat untuk bisnis Anda dan segera memindahkan/memecatnya ketika dia tidak sesuai dengan ekspektasi Anda. Salah satu cara yang umum memilih karyawan yang tepat adalah merekrut karyawan.

Dalam merekrut karyawan butuh keahlian untuk menseleksi bakat, keahlian, pengalaman, karakter dan juga potensi yang tersimpan. Kesalahan menempatkan karyawan biasanya menimbulkan kerugian secara materi yang tidak sedikit atau bahkan Anda bisa kehilangan pelanggan.

Pilih karyawan yang sesuai dengan posisi yang Anda cari. Kandidat harus memiliki keahlian dan pengalaman untuk posisi tersebut. Misalnya untuk tenaga penjual bisnis Anda, sebaiknya dipilih orang yang menarik secara penampilan, ramah dan tidak putus asa.

Cari kandidat yang mandiri dan bertanggung jawab, respek pada Anda dan pada kawan satu timnya. kandidat juga harus diterima dengan baik dalam tim. Sebagus apapun karyawan Anda bila dia tidak diterima dalam tim dapat menimbulkan ketidakharmonisan tim dan merugikan bisnis Anda.

Jangan sekali-kali merekrut karyawan jika Anda punya sedikit saja timbul rasa ragu akan kemampuannya. Kandidat juga harus memiliki kompetensi dan nilai yang sesuai dengan strategi bisnis Anda.

Ketika Anda telah memilih karyawan yang tepat, berikan ia pendidikan, training dan pengembangan keahliannya. Seperti jargon yang sering diungkapkan ilmuan strategi: “Hire for attitude, educate for skill”

Dani W. Wardhana (@daniwq)
Mulai berkecimpung di dunia IT dan Advertising mulai tahun 2000. Kemudian fokus di digital agency mulai tahun 2008. Saat ini memimpin Curve 7 Digital Agency, Logyx7 IT Solution dan bisnis rental mobil di Bali. Kumpulan artikel : http://ukmsukses.com/author/wisnuwardhana/ Follow : @daniwq

Leave a Reply


9 − 4 =