Membangun Merek Diri Anda

merek diri ukmsuksescomSaya tertarik dengan apa yang sudah beberapa para wirausaha, dalam membangun merek untuk dirinya, dan saya turut mengamati sejak awal mereka menulis blog, aktif di sosial media, menerbitkan buku hingga saat ini. Tanpa disadari oleh dirinya, mereka sudah berhasil membangun merek atas dirinya.

Melalui tulisan-tulisan di blog, facebook dan sharing di twitter tersebut, dari mulai menulis pengalamannya berbisnis, berbagi ilmu yang mereka dapat dari buku yang dibaca atau seminar yang diikuti, berbagi cerita disetiap ia bertemu dengan tokoh lainnya, menularkan jiwa kewirausahaan dan memberikan tips dan trik kepada yang ingin berbisnis atau yang ingin membangun bisnisnya lebih besar.

Dari tulisan-tulisan tersebut banyak pembaca terinspirasi dan melakukan tindak lanjut untuk mencapai keinginannya sesuai apa yang mereka ditulis. Dan dari komen-komen para pembaca atau follower-nya, banyak dari mereka yang berhasil dan memperoleh keinginannya dengan mengikuti langkah-langkah yang diberikan di blog, facebook atau twitter para wirausaha tersebut.

Jika kita kembali membuka buku “Marketing Yourself” karya Pak Hermawan Kartajaya, mereka sudah berhasil untuk menjual dirinya. Apa yang dijual bukanlah hard selling, seperti menaruh barang di toko kemudian laku dibeli orang. Namun yang dijualnya adalah feature selling, menjual apa yang ada di dirinya. Kemudian ia menjual benefit selling, memberikan manfaat yang akan diterima oleh pembaca blognya. Dan terakhir beliau saya amati pula sering memberikan solusi kepada para followr-nya, nah ini yang disebut sebagai solution selling.

Jadi kesimpulannya adalah Selling Yourself, berbeda dengan kita menjual barang atau jasa. Tetapi yang dilakukan adalah soft selling diatas : feature selling, benefit selling dan solution selling. Dalam melakukan soft selling tersebut kita tidak mendapatkan hasil secara materi di depan langsung. Akan tetapi kita akan dapat hasil secara tidak langsung, bisa dari belakang, dari samping dan dari penjuru yang kita tidak ketahui awalnya.

Dari menjual soft selling tersebut, secara efek domino, bisnis kita pun akan turut bertumbuh. Apa pun yang kita tawarkan kepada para customer kita, yang sudah memperoleh soft selling kita tersebut, akan turut dibelinya.

Berikut tips dari Pak Hermawan Kartajaya untuk kita yang ingin membangun merek diri kita sendiri :

1. Jangan anggap nama Anda cuma sekedar nama. Nama itu harus diketahui oleh orang banyak dan orang harus mengerti asosiasi apa yang melekat pada nama kita.
2. Build your own brand, Anda punya kewajiban untuk membangun merek anda sendiri. Walau awalnya adalah secara kecil-kecilan, sehingga makin banyak orang yang mengenal anda.
3. Jaga nama baik anda. Mungkin anda rugi dalam bentuk materi, itu tidak apa-apa asal jangan sampai nama anda jatuh. Because brand is value.

Sudah siap memasarkan merek diri kita sendiri? Dengan melakukan marketing yourself, kita bukan cuma memenangkan market share, tapi juga memenangkan mind share dan heart share.

Foto : http://onlinebizinformation.com

Iim Rusyamsi (@iimrusyamsi)
Iim Rusyamsi (@iimrusyamsi)
Pemilik bisnis di bidang IT dan Pendidikan. Berkecimpung di dunia bisnis sejak tahun 2000. Saat ini adalah Founder dan CEO PT Mitratama Global Sejahtera dan Direktur & CMO ukmmarket.co.id. Salah satu pendiri Komunitas Tangan Di Atas dan Presiden TDA (2008-2011). Iim aktif menulis Kolom #KlinikUKM pada Detik.com (Detik Finance). Kumpulan artikelnya : http://ukmsukses.com/author/iimrusyamsi/ Follow : @iimrusyamsi Blog: http://iimrusyamsi.com
http://iimrusyamsi.com

Leave a Reply


7 − 6 =