Membangun Bisnis UKM yang Ramah Lingkungan

bisnis ramah lingkungan ukmsuksescomUKMSukses.com – Menerapkan ekonomi yang ramah lingkungan, itulah isu yang sedang hangat diperbincangkan didalam acara Tropical Landscapes Summit: a Global Investment Opportunity, Senin (27/4/2015), kemarin. Dengan dibuka langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla di Hotel Shangri-la, Jakarta. Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, “bahwa yang harus dilakukan sekarang adalah menerapkan ekonomi yang ramah lingkungan, jika tidak maka orang di seluruh dunia tidak akan membeli produk anda”.

Menjaga dan merawat lingkungan dengan baik adalah tugas bersama, tidak hanya Indonesia saja melainkan tugas dan tanggungjawab seluruh masyarakat di dunia. Menurut Jusuf Kalla, ketika melakukan bisnis ramah lingkungan, secara otomatis kita juga menghormati hak asasi manusia dan juga menerangi kemiskinan, yang berarti bekerja bersama rakyat. Sebab, alam yang baik akan berdampak pula pada kelangsungan hidup manusia dan jika tidak menerapkan hal tersebut negara tersebut dipastikan tidak memiliki keadilan. Pemerintah juga memberikan insentif yang menarik bagi perusahaan yang menerapkan bisnis ramah lingkungan yaitu kemudahan perijinan dan tax holiday.

Membagun bisnis UKM yang ramah lingkungan tentu sangat bersinergi dengan apa yang dikatakan oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla tersebut, yang paling penting menurut Iim Rusyamsi, Pakar UKM, yang menjadi pembicara di acara Market Corner, yang disiarkan oleh BeritaSatu.com, Selasa, (28/04/2015). Mengatakan bahwa yang perlu dilakukan pemerintah kepada para pelaku UKM adalah sosialisasi mengenai bisnis ramah lingkungan atau industri hijau dengan segala insentif yang dijanjikan pemerintah. Sebab dengan bersosialisasi berarti mengingatkan kepada para pelaku UKM guna merangsang dan menjaga ekosistem yang ada dengan tidak mengekploitasi sumber daya alam serta tidak merusak lingkungan dan alam.

Pebisnis UKM yang berbasis ramah lingkungan diharapkan dapat dijadikan contoh dalam pengembangan usaha bagi para pelaku usaha pemula, kecil dan menengah. Sehingga dapat terjalin kemitraan terpadu demi kepentingan bersama dalam menjaga ekosistem yang ada melalui bisnis yang ramah lingkungan serta meningkatkan kesejahtraan bagi masyarkat Indonesia.

Dengan begitu, penerapan bisnis UKM yang berbasis ramah lingkungan akan sangat berdampak sekali terutama dalam pengelolaan dan menjaga sumber daya alam agar tidak cepat rusak dan tercemar sehingga dapar berkelanjutan, kemudian dampak yang lain adalah memotivasi semangat para pelaku UKM untuk terus berkarya menciptakan produk-produk yang ramah lingkungan serta bermanfaat bagi masyarkat luas terutama berdampak sosial positif dan sekaligus memiliki nilai komersial tinggi. (ang)

Admin @ukmsuksescom
Admin @ukmsuksescom
Ditulis dan diposting oleh Admin UKMSukses.com

Leave a Reply


5 + = 10