Mau Nabung Saham? Ini Tipsnya Investasi Saham bagi Pemula

UKMSukses.com -Pada bulan Februari 2017 Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan sebanyak 80 (delapan puluh) daftar nama nama perusahaan investasi ilegal melalui Investor Alert Portal (IAP) yang dapat diakses di alamat www.sikapiuangmu.ojk.go.id, Daftar yang memuat nama 80 perusahaan tersebut dapat dikategorikan telah melakukan aktifitas menghimpun dana dan investasi tanpa ijin dan pengawasan OJK.

Masih maraknya perusahaan ilegal yang berkedok investasi yang menghimpun dana masyarakat tanpa ijin tentunya sangat membahayakan masyarakat luas khususnya calon investor yang inign menanamkan modalnya, namun dengan hadirnya rilis perusahaan tersebut setidaknya para calon investor dapat membedakan perusahaan investasi mana yang terdaftar OJK, dan perusahan investasi mana yang aspek legalitasnya tidak dapat dipertanggungjawabkan oleh OJK.

Supaya calon investor tidak terjebak dan salah menempatkan investasinya pada perusahaan investasi ilegal, ada baiknya selalu waspada dan mencari informasi lebih lengkap dalam menanamkan modalnya, sekarang bagaimana caranya membedakan perusahaan investasi illegal dengan perusahaan investasi yang benar ? Biasanya perusahaan investasi ilegal tersebut mempunyai karakteristik sebagai berikut :

  1. Biasanya investasi ilegal penuh dengan janji janji keuntungan cepat dalam dalam jangka pendek.
  2. Memiliki tawaran yang memberikan keuntungan tetap yang jumlahnya fantastis
  3. Mempunyai modus investasi penguncian dana, dana tidak dapat diambil dalam kurun waktu tertentu.

Sebenarnya tidak sulit bagi calon investor untuk menginvestasikan dananya pada perusahaan yang legal dan terdaftar OJK. Salah satu instrumen investasinya adalah investasi saham di pasar modal khususnya saham.

Mengapa investasi saham ? Selain menguntungkan pada investasi saham memberi peluang mendapatkan imbal hasil yang lebih baik dibandingkan deposito dan jenis investasi lain. Dibawah ini terlampir yang menunjukan sebuah ilustrasi jika menginvestasikan dana pada saham selama kurun waktu 10 tahun dengan menggunakan data riil pergerakan saham dari tahun 2006 sampai dengan Desember 2016.

Screen Shot 2017-03-15 at 1.16.08 PM

 

Grafik pergerakan imbal hasil saham rata rata selama 10 tahun

Dari grafik tersebut memang terdapat fluktuatif imbal hasil namun secara jangka panjang tetap lebih menguntungkan dibandingkan jenis investasi lain.

Investasi saham saat ini, berkat kemajuan teknologi internet, anda dapat memantau langsung pergerakan posisi harga saham yang anda secara langsung hanya melalui smartphone anda, jika ingin mengetahui informasi saham, laporan investasi anda, penarikan dana, semua itu apat anda lakukan tanpa perlu menghubungi petugas perusahaan sekuritas, karena semua sudah dapat dilakukan sendiri melalui aplikasi.

Sama dengan semua investasi, investasi langsung sektor rill, misalnya berjualan pakaian , juga mempunyai resiko, produk jualan tidak laku, persaingan, perubahan trend dan sebagainya, pada investasi finansial yaitu investasi saham juga mempunyai resiko, namun untuk meminimalisasi resiko tersebut, pastikan kita harus mengenal dan paham apa itu investasi saham, dan bagaimana langkah sukses investasi saham.

Investasi Saham

Saham adalah bukti kepemilikan suatu perusahaan yang merupakan klaim atas penghasilan dan kekayaan perusahaan.

Ada 3 (tiga) alasan utama berinvestasi saham, yaitu

Kemudahan dalam berinvestasi. Banyak peusahaan sekuritas yang siap memberikan rekomendasi investasi sehingga anda tidak harus menjadi ahli keuangan untuk berinvestasi saham.Hal ini dikarenakan anda akan diberikan data keuangan yang sudah diolah sebelumnya sehingga anda tinggal membaca hasil analisa dan mengambil keputusan.

Dana investasi yang terjangkau, Saat ini anda tidak harus memulai investasi dalam jumlah besar untuk invesatasi saham, cukup dengan Rp 500.000 ribu anda sudah dapat menjadi nasabah perusaaan sekuritas.

Menguntungkan, investasi saham pada dasarnya adalah investasi berkala dengan orientasi jangka panjang. Ada 2 dua keuntungan yang didapat dari investasi saham yaitu :

Capital gain : adalah selisih dari harga saham yang anda beli dan anda jual

Deviden :adalah pembagian keuntungan dari perusahaan kepada pemegang saham

Jika diilustrasikan capital gain,misalnya kita membeli saham perusahaan otomotif pada bulan Februari 2016 seharga Rp 6.500/lembar kemudian pada bulan Februari tahun 2017 harga saham perusahaan otomotif tersebut menjadi Rp 8.000/lebar saham, dan jika kita menjual saham tersebut maka kita akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp 1.500 perlembar saham yang kita beli, itulah dinamakan capital gain.

Sedangkan dividen diilustrasikan , jika pada bulan Desember 2016, perusahaan otomotif tersebut membagikan keuntungan sebesar Rp 100/ saham, maka artinya kita mendapatkan untuk Rp 100 per lembar saham, tanpa kita perlu menjual saham tersebut.

Penulis : Rully Mardjono

Sumber :

http://www.idx.co.id/Home/NewsAndAnnouncement/PressRelease/ReadPressRelease/tabid/191/ItemID/5d16e27e-5d34-4df8-b7ea-0b88d3600a81/language/id-ID/Default.aspx

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2017/01/20/180430426/ojk.rilis.nama-nama.perusahaan.investasi.bodong

http://bisnis.liputan6.com/read/2832879/ini-daftar-80-perusahaan-investasi-bodong-di-indonesia

http://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/AlertPortal/Negative

Photo : liputan6.com

Rully Mardjono (@rullymardjono)
Rully Mardjono (@rullymardjono)
Mengawali karir sebagai sales, hingga sebagai country manager di perusahaan asing, sekarang ini sebagai pengusaha dan founder Sigrax, perusahaan bergerak di bidang Aplikasi Manajemen Pemeliharaan Asset , selain berbisnis aktif beliau menyempatkan diri sebagai pengajar di bidang Ekonomi dan Technoprenuership di Fakultas Teknologi Industri Universitas Trisakti. Kumpulan artikelnya : http://ukmsukses.com/author/rullymardjono/ Follow : @rullymardjono Email: rumarso@gmail.com

Leave a Reply


+ 9 = 16