Mau Bisnis, Bakar Tuh Ijasah

UKMSukses.com – Catatan Pribadi dari Seorang Pemerhati Gerakan Kewirausahaan di Indonesia.

maulana“Sudah dengar presentasinya Sandi Uno kan? Lupain semua! Mau bisnis? bakar tu ijasah”. Ketawa lah semua peserta seminar dan itulah salah satu kalimat yang saya ingat waktu berkesempatan mendengar seorang pengusaha legendary, Almarhum Bob Sadino memulai sharing nya di pertengahan tahun 2010, dalam sebuah acara talk show kewirausahaan di salah satu kampus negeri di Yogyakarta.

Sering travelling bersama Sandi Uno, seorang top entrepreneur muda Indonesia, memberikan kesempatan bagi saya untuk bertemu karakter-karakter unik selama diperjalanan. Salah satunya dengan Bob Sadino yang menjadi co-speaker bersama Sandi Uno di sebuah acara talk show kewirausahaan.

Seperti biasa, acara talk show berjalan dengan baik. Teman-teman mahasiswa sangat puas dengan acaranya. “Worth it lah antri daftar dari pagi untuk acara ini”, kata seorang mahasiswi jurusan ekonomi. Tapi dibenak saya kata, “Bakar… bakar… bakar…” masih terus saja terngiang. “Apa sih maksud Om Bob? Masa menyuruh mahasiswa-mahasiswi berhenti kuliah dan mulai berbisnis?” pikir saya. Saya respect Om Bob dan salah satu fans beratnya sejak dulu. Sepak terjangnya, cerita-ceritanya, dari jualan telor keliling sampai membuat sebuah bisnis empire sekelas Kemchick, sangat menginspirasi banyak generasi, termasuk saya.

M. Maulana (@WorkOut_ID
M. Maulana (@WorkOut_ID
Tidak lulus SMA dan memilih menjadi aktivis gerakan kewirausahaan di Indonesia. Hal-hal yang pernah dilakukan dari mulai menjadi Pengurus Pusat Kamar Dagang dan Industri (KADIN Indonesia), Ketua Dewan Pengurus beberapa yayasan yang beregerak di bidang kewirausahaan, menjadi pembicara di luar dan dalam negeri untuk topik kewirausahaan, sampai mengurus bisnis sendiri. Kumpulan artikelnya : http://ukmsukses.com/author/mmaulana/ Email: maulana@workout.id Web: http://workout.id; Twitter: @WorkOut_ID
http://workout.id

Leave a Reply


− 2 = 7