Langkah Seorang Pemimpin Dalam Situasi Krisis Bisnis

Startup Stock PhotosUKMSukses.com - Saat ini, manajemen krisis dinobatkan sebagai new corporate discipline. Krisis didalam bisnis merupakan respon pertama perubahan terhadap sebuah kejadian yang dapat merubah jalannya operasi bisnis yang telah berjalan normal. Maksudnya adalah bagaimana pemimpin mengelola kejadian secara serius dan signifikan untuk membantu meyakinkan para karyawan, pelanggan, mitra kerja, investor dan masyarakat luas dalam mengatasi situasi krisis dalam bisnis. William A Cohen dalam buku Seni Kepemimpinan memberikan beberapa langkah yang harus ditempuh seorang pemimpin dalam mengatasi sebuah krisis dalam bisnis sebagai berikut :

Baca juga : Kekalahan Bukanlah Kegagalan

Pemimpin harus bisa mengatasi krisis
Seorang pemimpin bisa mengatasi krisis dimana pemimpin harus bisa mengelola situasi dan kondisi bisnisnya. Ketika mengalami krisis kemudian membalikkan keadaan tersebut menjadi sebuah kemajuan bisnis dan menjadi sesuatu yang bisa dijadikan sebuah krisis itu bermakna dan menimbulkan semangat baru pada karyawan, mitra kerja, investor dan masyarakat.

Tindakan yang perlu dilakukan pemimpin
Apa yang dilakukan untuk menjalankan kepemimpinan? Yang perlu dilakukan oleh pemimpin adalah “penanganan”, dalam situasi krisis misalkan menetapkan tujuan, berkomunikasi dengan stakeholder, bertindak dalam artian sikap tegas, kuasai situasi dan jangan ragu memperkerjakan atau memecat secara tegas.

Baca juga : Seperti Apa Tipe dan Karakter Diri Seorang Pengusaha? Kenalilah

Menetapkan tujuan
Ketahuilah arah tujuan dibuat oleh seorang pemimpin. Dalam hal ini kaitannya dengan wawasan, dimana pemimpin perlu mempunyai wawasan guna mengontrol semua keadaan. Perlu diingat, bahwa anda tidak akan sampai ke tempat yang anda tuju, jika anda belum tahu arah tujuannya. Begitupun sebaliknya jika tanpa wawasan maka anda tidak tahu arah dan sasaran yang ingin dicapai.

Kuasailah keadaan
Sebagai seorang pemimpin dalam perusahaan harus bisa mengatasi kesulitan masalah, sebaliknya jika situasi masalah tidak bisa diatasi maka kesulitan akan menguasainya. Pemimpin harus bisa mengontrol dan mengambil tindakan positif. Cara menguasai keadaan adalah dengan mengambil inisiatif dan menguasai situasi yang berhubungan dengan lingkungan sekitar anda.

Pada intinya adalah pemimpin tidak harus memerintah karyawannya melakukan hal-hal yang dikehendakinya, tetapi merangkul dan mengajak seluruh karyawannya untuk mencari solusi dan jalan keluar dari krisis secara bersama-sama.(ang)

Admin @ukmsuksescom
Admin @ukmsuksescom
Ditulis dan diposting oleh Admin UKMSukses.com

Leave a Reply


+ 3 = 7