Ikuti Panduan Menentukan Target Market ini, Agar Bisnis Anda Lancar

UKMSukses.com – Sebelum Anda meneruskan perjuangan dalam bisnis, dan menghabiskan banyak energi, waktu dan biaya, tetapkan target market/sasaran pasar, apalagi Anda ingin membuat promosi, iklan, dan aktifitas sosial media. Target market yang tepat akanmenarik mereka.

Anda harus memiliki gambaran yang jelas siapakan calon pelanggan sasaran Anda, harus tahu apa yang mereka gemari, dan apa yang membuat mereka memutuskan untuk membeli produk Anda.

Dibawah ini panduan yang cocok untuk Anda mudah mengetahui siapa saja calon pelanggan yang paling mungkin berminat membeli produk atau jasa Anda :

1. Usia

Tetapkan usia calon pelanggan Anda yang sesuai dengan produk / jasa Anda. Tidak bisa kita tetap bahwa bisnis kita untuk semua usia. Tetapkan range usia yangmenggambarkan sebagian besar usia pelanggan yang Anda sasar.

2. Jenis Kelamin

Apakah produk Anda untuk laki-laki , perempuan atau untuk keduanya? Tentukan siapakah yang akan lebih banyak membeli, laki-laki atau perempuan. Siapakah diantara mereka yang paling banyak menghabiskan uangnya di produk Anda. Hampir semua bisnis akan menentukan sasaran jenis kelaminnya, akan terlalu luas jika menargetkan untuk kedua jenis kelamin.

3. Domisili

Dimanakah mereka tinggal? Apakah mereka tinggal tidak jauh dari lokasi bisnis Anda, atau apakah mereka berdomisili jauh dari Anda. Anda harus tetapkan sasarannya, agar memudahkan Anda berkomunikasi dengan mereka. Manfaat teknologi / sosial media untuk menjangkau mereka.

4.Penghasilan

Besar atau kecil penghasilan calon pelanggan Anda. Berapa penghasilan mereka? Apakah mereka tidak masalah dengan harga yang tinggi yang Anda tawarkan karena mereka tau kualitas. Atau apakah Anda menargetkan kepada calon pelanggan yang ingin membeli produk murah yang sesuai dengan penghasilanmereka yang pas-pasan.

Selamat menentukan segmen target market Anda, dan semoga bisnis Anda semakin lancar dan tepat sasaran.

 

 

Iim Rusyamsi (@iimrusyamsi)
Iim Rusyamsi (@iimrusyamsi)
Pemilik bisnis di bidang IT dan Pendidikan. Berkecimpung di dunia bisnis sejak tahun 2000. Saat ini adalah Founder dan CEO PT Mitratama Global Sejahtera dan Direktur & CMO ukmmarket.co.id. Salah satu pendiri Komunitas Tangan Di Atas dan Presiden TDA (2008-2011). Iim aktif menulis Kolom #KlinikUKM pada Detik.com (Detik Finance). Kumpulan artikelnya : http://ukmsukses.com/author/iimrusyamsi/ Follow : @iimrusyamsi Blog: http://iimrusyamsi.com
http://iimrusyamsi.com

Leave a Reply


7 + = 11