Hambatan dalam Merealisasikan Ide Kreatif

Screen Shot 2015-03-06 at 11.34.49 AMUKMSukses.com – Bentuk aksi kreatif dalam bisnis yaitu dengan berlatih dan bertindak secara kontinu dalam merealisasikan melalui bentuk kenyataan. Menurut Aris Ananda dalam bukunya: Kreativitas untuk Booming” mengatakan bahwa, “sebagaian besar untuk mengatur kelemahan dalam berkreasi dan berkreatif, adalah karena terbenturnya waktu dalam menuangkan ide kreatif bisnis, terhambatnya dalam merealisasikan ide kreatif peluang bisnis pada bentuk real-nya dan timbulnya rasa takut yang tidak bisa diatasi”. Oleh sebab itu, mari membahas bagian-bagian yang menjadi penghambat dalam merealisasikan ide kreatif dalam bisnis, yaitu:

Waktu

Pada umumnya setiap orang jika diberi tugas oleh orang lain terkadang tidak langsung bertindah atau langsung melakukan tugas yang diberi oleh orang tersebut melainkan menunda tugas tersebut, biasanya orang beralasan bahwa tugas atau kerjaan yang lain juga belum dikerjakan dan membuatnya sudah tidak cukup waktu untuk mengerjakan. Waktu dijadikan kambing hitam dalam masalah tersebut, ketika sebuah ide kreatif dalam bisnis ada dibenak maka tidak akan kunjung bergerak maju karena terhalang oleh tugas yang lainnya. Hanya bisa tersenyum dan memaklumi karena ketersedian waktu yang terbatas. Sebagian lain berpendapat bahwa penilaian terhadap waktu itu sangat pesimistis, dimana sebuah ide kreatif bisnis tidak terealisasikan karena pengaruh lingkungan sekitarnya baik itu, keluarga, temen, pekerjaan dan tidur.

Distraksi

Distraksi merupakan bentuk pengalihan perhatian ke hal lain sehingga dapat menurunkan kewaspadaan terhadap apa yang menjadi perhatiannya selama ini. Upaya merealisasikan ide bisa jadi dalam hitungan jam menjadi hilang seketika karena terhalang oleh pesan yang tidak begitu terlalu penting. Seperti contoh ketika bunyi dering handphone anda sangat menggoda untuk mengangkat pesan tersebut, padahal pesan tersebut tidak terlalu penting, bahkan dijawab dilain waktu juga tidak menjadi masalah. Sehingga pikiran tersebut sudah terdistraksi dan mulai dari nol lagi untuk berkonsentrasi pada ide bisnis baru.

Rasa Takut

Jika anda tidak merealisasikan sebuah ide bisnis baru dikarenakan dihinggapi rasa takut, maka pada dasarnya setiap orang membenci ketidakpastian. Bagian ketidakpastian yang paling sering ditakuti adalah kegagalan. Akibatnya anda akan semakin terkungkung oleh rasa takut yang mendalam sehingga tidak bisa merealisasikan ide bisnis anda dikarnakan rasa takut dan pada akhirnya kegagalan yang dihinggapi.

Admin @ukmsuksescom
Admin @ukmsuksescom
Ditulis dan diposting oleh Admin UKMSukses.com

Leave a Reply


+ 5 = 11