Berapa Nilai Bisnis Anda? Juallah…

how-to-value-sell-your-businessAkhir-akhir ini saya sedang memikirkan apa saja rencana bisnis tahun depan. Di masing-masing bisnis saya sudah ada banyak yang sudah direncanakan dan harus diaplikasikan. Yah harus, jangan gagal berencana dan khawatir malah jadi merencanakan kegagalan. Mudah-mudahan tidak.

Sehingga akan dapat berlipat-lipat hasilnya, omset dan profit double, jumlah karyawan double, jumlah outlet/cabang double dan nilai-nilai lainnya yang bisa di-double-kan.  Harus lebih kreatif lagi, harus lebih inovatif lagi dan harus meningkatkan kinerja dan mengatur waktu lebih baik lagi. Waktu terus berputar…tidak ada yang dapat memberhentikannya, kecuali kehendakNYA. Yuk jaga dan manfaatkan waktu kita agar lebih bernilai. Tentukan prioritas kita.

Bisnis kita adalah aset dan kekayaan kita. Saya yakin dengan meningkatkan semua performa tersebut diatas akan meningkatkan nilai bisnis kita. Seperti yang saya baca dari para pebisnis terdepan yang di-sharing dibuku dan blognya. Mereka fokus kepada nilai aset bisnis kita, bukan fokus terus menerus berjualan produk/jasanya. Mereka fokus membangun system bisnis yang dapat diwariskan kepada generasi selanjutnya atau nantinya mereka dapat menjual bisnisnya dengan nilai lebih tinggi lagi. Jadi fokus menjual bisnisnya, bukan menjual produknya.

Ada referensi buku untuk hal itu : How To Value And Sell Your Business karya Andrew Heslop.

System bisnis yang dapat bernilai berjuta kali lipat dibanding dengan produk/jasa yang dijual tiap harinya. Dengan adanya aset ini maka bisnis kita dapat dengan mudah kita jual dengan nilai yang tinggi. Perlu waktu dan kerja keras untuk mencapainya itu. Lihat saja Amazon, Microsoft, Google, Yahoo, Apple, Detikcom, Kompas adalah perusahaan-perusahaan yang bernilai tinggi dari hasil jerih payah para pendirinya.

Sebagai pemilik bisnis kita patut membangun system ini, jangan ikut larut tiap harinya dengan penjualan saja. Penjualan hanyalah efek utama dari system yang kita bangun. Yah pastinya berefek pada meningkatnya profit dari hasil penjualan dengan system tersebut.

Dan ingat bahwa bisnis adalah hal yang komersial dan profitable yang dapat bekerja tanpa kehadiran kita didalamnya. Maka systemlah yang akan berkerja untuk kita.

Ini untuk mengingatkan saya juga, saya buka buku kembali, ada 4 system bisnis menurut Brad Sugars yang perlu kita perhatikan agar bisnis kita berjalan efektif dan efisien, yaitu :

  1. People and Education, faktor SDM adalah penting dan aset berharga kita. Di mulai dari pemilihan SDM yang tepat, pemberian training, team building, company rules, goals, komunikasi serta time management yang teratur akan sangat berpengaruh kepada budaya kerja yang kita inginkan.
  2. Delivery and Distribution, system delivery terhadap produk/jasa kita kepada pelanggan, inventori, proses pemesanan, pembelian, system keamanan, quality control, time control, packaging, customer service dan lain-lain.
  3. Testing and Measuring, memperhatikan budget bulanan kita, cashflow, laporan keuangan, meyakinkan para sales mencapai targetnya, mulai mendapatkan prospek, mengkonversikannya menjadi pelanggan, peningkatan penjualan dan rata-rata nilai yang terjualnya hingga peningkatan margin keuntungan.
  4. System and Technology, apa saja perangkat system dan teknologi yang kita gunakan dan pemeliharaannya untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas, dan dokumentasikan semua cara penggunaan dan prosedurnya serta peraturan pemakaiannya.

Dengan system ’4 ways’ tersebut, mudah-mudahan akan menambah nilai aset bisnis kita. Jika nantinya sudah terbangun dan profitable, maka layak-layak saja bisnisnya ditawarkan kepada orang lain dengan nilai yang tinggi. Atau menjualnya dalam bentuk kemitraan/waralaba atau apapun sehingga menambah aset pasif income kita.

Sedikit OOT, percaya tidak percaya, ada tools menarik, khususnya untuk kita yang sudah mempunyai website bisnisnya, untuk kita dapat melihat berapa nilai jual website kita, silahkan di nilai di http://www.yourwebsitevalue.com/

Walau tidak mencerminkan nilai aset bisnis kita, namun menjadi motivasi kita untuk meningkatkan nilai bisnis kita.

Sekali lagi hanya mengingatkan bisnis saya, namun mudah-mudahan bermanfaat juga untuk teman-teman yang sedang membangun bisnisnya.

Iim Rusyamsi (@iimrusyamsi)
Iim Rusyamsi (@iimrusyamsi)
Pemilik bisnis di bidang IT dan Pendidikan. Berkecimpung di dunia bisnis sejak tahun 2000. Saat ini adalah Founder dan CEO PT Mitratama Global Sejahtera dan Direktur & CMO ukmmarket.co.id. Salah satu pendiri Komunitas Tangan Di Atas dan Presiden TDA (2008-2011). Iim aktif menulis Kolom #KlinikUKM pada Detik.com (Detik Finance). Kumpulan artikelnya : http://ukmsukses.com/author/iimrusyamsi/ Follow : @iimrusyamsi Blog: http://iimrusyamsi.com
http://iimrusyamsi.com

Leave a Reply


4 − 2 =