Apa Manfaat Branding bagi Konsumen Kita?

branding1Branding ternyata tak hanya bermanfaat bagi produsen. Branding juga bermanfaat bagi konsumen kita. Dan sebagai produsen yang baik, tentu kita bisa membantu konsumen dengan memberikan beragam manfaat branding berikut ini:

Identifikasi Produk
Ketika kita berhasil melakukan branding, maka konsumen akan lebih mudah melakukan identifikasi produk. Hal ini dikarenakan, secara visual produk kita mampu terdiferensiasi dengan baik di antara kompetitor atau kategori produk lain. Misalkan, jika anda berjalan dengan kecepatan cukup tinggi di jalan raya, namun anda teringat harus mampir ke minimarket membeli sesuatu, maka anda bisa dengan mudah mengenali Indomaret atau Alfamart dari plang tokonya. Karena identitas mereka cukup baik dan sudah cukup dikenal. Hal ini bisa dilakukan walau di kanan-kiri mereka ada toko-toko lain.

Perbandingan Ketika Berbelanja
Kadang konsumen membutuhkan perbandingan ketika berbelanja antara dua produk atau lebih pada kategori yang sama. Misalnya untuk kategori pasta gigi untuk gigi sensitive, setidaknya ada 2 pemain besar yaitu Pepsodent dan Sensodyne. Konsumen akan memilih brand yang paling kuat persepsinya di benak si konsumen tersebut.

Efisiensi dalam Berbelanja
Branding yang berhasil bisa juga membantu konsumen ketika berbelanja yaitu dalam hal efisiensi. Ketika konsumen sudah memiliki pilihan brand, maka ketika berbelanja ia tidak perlu lagi mencari, mengeksplorasi hingga melakukan perbandingan. Ia akan langsung mencari lokasi di mana brand itu berada. Misalnya ketika seorang konsumen sudah loyal dengan indomie, maka ia akan langsung masuk ke etalase di mana kategori mie instan berada, dan ia bisa dengan segera mendapatkan produk yang dicarinya tersebut dengan mudah dan cepat.

Mengurangi Resiko
Branding yang berhasil bisa membantu konsumen dalam mengurangi resiko. Misalnya klien-klien kami dari luar kota yang tak pernah melihat/bertemu langsung dengan salah satu pun kru kami, mereka mempercayai www.SimpleStudioOnline.com karena reputasinya yang cukup baik di mata klien. Mereka akan mentransfer sejumlah dana dalam jumlah yang cukup besar, dan tentu itu akan beresiko jika mempercayakan pengerjaan desainnya pada design agency yang belum jelas reputasinya. Seperti seorang sahabat yang pernah membuat desain logo, tetapi setelah mentransfer dana dan dapat rekomendasi desain, dia kesulitan menghubungi si desainer untuk masalah revisi.

Penerimaan Produk Lebih Mudah
Sebuah produk baru yang dikeluarkan oleh sebuah brand yang sudah cukup kuat positioningnya di benak konsumen akan jauh lebih mudah di terima oleh konsumen. Contohnya, ketika Tropicana Slim sebagai brand yang peduli dengan kesehatan mengeluarkan Low Fat Noodles, produk baru itu lebih mudah diterima oleh segmen yang disasarnya. Hal ini mengingat reputasi brand yang dijadikan umbrella brand-nya sudah demikian kuat menancap di benak konsumen. Pe-eR-nya adalah, hati-hati ketika melakukan eksteksi yang terlalu massif, perlu juga dipertimbangkan bagaimana persepsi brand tersebut setelahnya.

Meningkatkan Citra Diri
Bagi konsumen, sebuah brand bisa jadi bukan saja memenuhi kebutuhan primer atau sekuder-nya. Terkadang sebuah brand menjadi penguat citra diri si konsumen. Misalkan, seorang konsumen bisa sangat bangga “terlihat” menggunakan produk Apple seperti iPhone, iPad atau MacBook. Logo “Apple” dalam setiap benda itu seperti menunjukkan “kelas” si pengguna. Seseorang akan jauh lebih percaya diri memegang gadget dengan logo tersebut di banding merk lain yang belum cukup terkenal/masih dipertanyakan kualitasnya.

Meningkatkan Loyalitas
Branding yang berhasil akan meningkatkan loyalitas konsumen, sehingga mereka sulit berpaling ke produk lain. Betapa pun gempuran pemasaran dari kompetitor demikian kuat. Di Indonesia, konsumen Teh Botol Sosro kemasan botol beling bisa sangat kuat posisinya bahkan di banding “pemain dunia” sekelas Coca-cola. Awareness Teh Botol Sosro begitu kuat, hingga di banyak tempat di berbagai rumah makan ia bahkan menjadi salah satu menu yang direkomendasikan.

Hendro Tri Rachmadi (@ssi_creative)
Hendro Tri Rachmadi (@ssi_creative)
Adalah Founder & Director www.SimpleStudioOnline.com. Sudah berkecimpung di dunia komunikasi visual selama 9 tahun. Hendro aktif sebagai member Komunitas Tangan Di Atas (TDA), Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), dan Marketing Club. Suami dari seorang istri dan ayah dari 2 orang putri ini berkantor di : Jl. Nanas Raya No. 98, Utan Kayu Selatan Jakarta Timur. Kumpulan Artikel : http://ukmsukses.com/author/hendro/ - Follow : @ssi_creative

Leave a Reply


8 − 4 =