4 Kategori Grade Customer

customer gradeKemarin saya mengingatkan kembali team marketing bisnis saya untuk selalu meningkatkan penjualan.
Dan mereka saya ingatkan akan hal pelayanan  terbaik untuk customer. Pelayanan terbaik khususnya kepada beberapa customer yang masuk kategori Grade ‘A’ dan ‘B’.

Saya sharing sedikit beberapa grade yang ada, saya dapatkan ini saat mengikuti business coaching beberapa tahun silam.

Grade customer dibagi atas 4 kategori yaitu A, B, C dan D.

1. Grade ‘A’ = Awesome.

Grade ini adalah list customer yang terbaik untuk usaha kita. Mereka selalu mengorder ke kita walau tanpa kita tawarkan, mereka sudah menjadi pelanggan tetap dan selalu meminta kita menyediakan jasa/produk yang mereka inginkan. Dan jika kita tawarkan mereka selalu mau dan tanpa tawar-menawar. Kadang kala mereka malah membantu menawarkan jasa/produk kita ke orang lain, mereka menjadi viral marketing kita.

2. Grade ‘B’ = Basic.

Grade ini, customer biasanya menerima apa pun yang kita tawarkan. Walau mereka biasanya menawar harga yang kita tawarkan, namun mereka tetap membeli dari kita. Kepada grade ini selalu kita memberikan informasi atas jasa/produk kita yang baru atau sedang kita pasarkan.

3. Grade ‘C’ = Can’t Deal

Apapun yang kita tawarkan kepada customer di grade ini, selalu dilakukan tawar-menawar, selalu meminta update proposal/penawaran tetapi pada akhirnya mereka tidak membeli dari kita. Di grade ini kita harus menjaga effort team marketing kita agar tidak terjebak dan terkuras oleh customer tersebut.

4.  Grade ‘D’ = Death

Mereka langsung menolak apapun yang kita tawarkan. Mereka biasanya tidak ingin mendengar penawaran yang diberikan, tidak ingin melihat dan membaca brosur yang diberikandan pastinya mereka tidak akan pernah mau datang ke outlet kita. Customer di grade seperti ini harus segera kita tinggalkan.

Penting buat kita membuat list customer berdasarkan grade-grade tersebut diatas. Sehingga kita dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk mereka dan kinerja team marketing pun menjadi efektif dan efisien.

Sudah kebayangkan siapa saja customer-customer Anda yang masuk di masing-masing grade tersebut?

Iim Rusyamsi (@iimrusyamsi)
Iim Rusyamsi (@iimrusyamsi)
Pemilik bisnis di bidang IT dan Pendidikan. Berkecimpung di dunia bisnis sejak tahun 2000. Saat ini adalah Founder dan CEO PT Mitratama Global Sejahtera dan Direktur & CMO ukmmarket.co.id. Salah satu pendiri Komunitas Tangan Di Atas dan Presiden TDA (2008-2011). Iim aktif menulis Kolom #KlinikUKM pada Detik.com (Detik Finance). Kumpulan artikelnya : http://ukmsukses.com/author/iimrusyamsi/ Follow : @iimrusyamsi Blog: http://iimrusyamsi.com
http://iimrusyamsi.com

Leave a Reply


9 − 9 =