Warna dalam Sebuah Desain Kemasan Produk Profesional

Simple-Studio-Online-desain-ilustrasi-desain-kemasan-produk-profesional ukmsuksescomDesain kemasan produk profesional tidak hanya sebagai pembungkus isi, tetapi memiliki peran yang jauh lebih penting terutama jika kita melihatnya dari sudut pandang marketing. Hal ini penting menjadi atensi terutama bagi anda yang ingin menjual produknya “di pasar bebas” dimana anda tak dapat mengawal secara langsung penjualan produknya di lapangan. Desain kemasan produk profesional di dunia “riil”nya bisa menjadi satu-satunya senjata untuk “melumpuhkan” keputusan pembelian klien saat support lain tidak ada. Support yang dimaksud misalnya berupa hadirnya seorang SPG (Sales Promotion Girls) yang bertugas melakukan push marketing atau sekedar POS materials yang bertugas melakukan pull marketing.

Desain kemasan produk profesional hadir sebagai diferensitor antara produk kita dengan produk kompetitor. Konsumen harus bisa membedakan antara produk kita dengan kompetitor dari desain kemasan yang unik dan berbeda. Tidak berhenti sampai disitu, ketika konsumen mulai menyentuh, mengambil dan berinteraksi dengan kemasan produk kita, sudah semestinya desain kemasan produk kita bisa melakukan persuasi kepada konsumen tersebut untuk “mau” memilih produk kita di antara produk kompetitor. Disinilah letak pentingnya sebuah jasa desain kemasan produk profesional agar desain kemasan kita juga menjadi profesional.

Peran Warna dalam Sebuah Desain Kemasan Produk Profesional

Lalu apa peran warna sebagai sebuah elemen visual dalam desain kemasan produk profesional? Sebagaimana dibahas di atas bahwa desain kemasan berfungsi sebagai “diferensiator” dengan produk kompetitor, maka fungsi warna berfungsi sebagai media identifikasi. Warna pada sebuah desain kemasan berfungsi identitas produk, agar konsumen bisa dengan mudah mengenali produk kita.

Oleh karena itu, sangat direkomendasikan agar warna desain kemasan sangat sesuai dengan karakter produknya. Misalnya warna kuning untuk minyak goreng, merah nyala untuk saos tomat, warna biru untuk sabun cream pencuci baju, warna putih untuk produk-produk pemutih dan sebagian obat, dan seterusnya. Warna-warna itu akan “berbicara” memanggil konsumen yang sedang membutuhkan produk yang dimaksud, entah produk tersebut sudah branded atau belum. Dengan warna yang tepat pada desain kemasan maka produk kita akan menjadi relevan dengan kebutuhan konsuen. Dan karenanya ia akan lebih mudah “dipilih konsumen”. Sebuah jasa desain kemasan produk profesional sangat paham masalah ini. Oleh sebab itu jasa desain kemasan produk profesional tidak akan sembarangan merekomendasikan sebuah warna dominan bagi produk kliennya, sebab itu bisa jadi “pertaruhan” di etalase-etalase toko yang sering kali bukanlah hal yang sederhana.

Sumber foto : http://simplestudioonline.com

Hendro Tri Rachmadi (@ssi_creative)
Hendro Tri Rachmadi (@ssi_creative)
Adalah Founder & Director www.SimpleStudioOnline.com. Sudah berkecimpung di dunia komunikasi visual selama 9 tahun. Hendro aktif sebagai member Komunitas Tangan Di Atas (TDA), Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), dan Marketing Club. Suami dari seorang istri dan ayah dari 2 orang putri ini berkantor di : Jl. Nanas Raya No. 98, Utan Kayu Selatan Jakarta Timur. Kumpulan Artikel : http://ukmsukses.com/author/hendro/ - Follow : @ssi_creative

Leave a Reply


5 − 5 =