UMKM Menuju Pasar Global MEA

UKMSukses.com – Persaingan di bursa produksi, tenaga kerja, distribusi dan pemasaran akan semakin meningkat menjelang pemberlakuan pasar bebas Asean pada akhir 2015 mendatang. Para pelaku bisnis Micro Usaha Kecil dan Menengah tengah menghadapi tantangan yang begitu besar dengan datangnya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) di tahun 2015. Hal ini sebagai pembuktian terhadap kualitas dan kuantitas para pebisnis lokal untuk bersaing dengan pasar global.

Dengan akan diberlakukanya MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) pada akhir tahun 2015 akan membawa dampak positif dan dampak negatif kepada UMKM di Indonesia, Dengan adanya MEA masyarakat dapat menjual barang-barang hasil produksinya ke Negara di ASEAN dengan mudah, namun hal ini juga tidak lepas dibarengi dengan akan banyaknya produk-produk yang masuk kedalam negeri sehingga menjadikan persaingan menjadi lebih ketat. Untuk dapat mempertahankan eksistensi UMKM maka dibutuhkan suatu strategi yang jitu misalkan dengan menciptakan produk yang khas dan unik serta memberikan pelayanan yang baik.

Peningkatan daya saing dalam bisnis selalu tidak terelakan, kemungkinan gesekan itu ada dalam mendistribusikan dan memasarkan produksi serta strategi pamasaran akan selalu hangat diperpinjangkan. Menurut Kementerian Koperasi dan UKM mengatakan bahwa terbukti dari data terbaru yang dikeluarkan oleh “World Economic Forum” bahwa peringkat daya saing UKM Indonesia naik dari nomor 52 menjadi nomor 38. Dikutip dari Bina Swadaya.

Oleh karena itu, pemanfaatan adanya teknologi informasi sangat penting bagi keberlangsungan UMKM itu sendiri, dengan adanya fitur-fitur yang baru di media ataupun jejaring sosial menambah semarak dalam persaingan dunia bisnis umkm menuju pasar global.

Photo : griyaukm.com

Admin @ukmsuksescom
Admin @ukmsuksescom
Ditulis dan diposting oleh Admin UKMSukses.com

Leave a Reply


9 − 5 =