UMKM Jangan Mengesampingkan Brand Image

Screen Shot 2015-03-10 at 11.07.01 AMUKMSukses.com - Branding sangatlah penting bagi kemajuan suatu bisnis baik itu perusahaan kecil ataupun dengan perusahaan skala yang lebih besar. Perusahaan multinasional barang tentu sudah membuat pertimbangan dengan membuat promosi, marketing, public relation dan corporate social responsibility (CSR) sebagai cara untuk meningkatkan reputasi sebuah perusahaan. Tentu perusahaan kecil seperti Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) membutuhkan brand image untuk meningkatkan sebuah reputasi di mata karyawan perusahaan, masyarakat dan tentunya para investor.

Brand image merupakan serangkaian kepercayaan melalui persepsi konsumen terhadap segala atribut yang digunakan  baik yang terwujud ataupun tidak sehingga asosiasi atribut tersebut melekat dibenak karyawan perusahaan, masyarakat maupun investor. Hal yang penting untuk membuat brand adalah menyesuaikan dengan model bisnis yang dibangunnya misalkan di bidang desain, maka brand yang harus diciptakan adalah yang sesuai dengan produk dan image perusahaan tersebut. Nah, maka dari itu bukannya sekedar logo atau nama perusahaan melainkan ketika mendengar image dan semua atribut yang dipakai perusahaan yang harus diperjuangkan, dilakukan, dikatakan dan ditampilkan ke depan public.

Seperti yang terjadi pada perusahaan Pepsi dan Coca dimana sampai sekarang mereka terjadi perang antar image yang membuat kedua perusahaan besar tersebut tidak henti-hentinya membuat serangkaian brandimage untuk disuguhkan sebagai pencitraan terhadap produk atau perusahaan keduanya. Disini kesadaran para UMKM di Indonesia perlu ditingkat dan dibangun secara kuat karena begitu nyata dan pentingnya peran brandimage dari setiap pelaku bisnis UMKM.

Branding mempunyai pengaruh terhadap persepsi  konsumen pada kualitas produk yang akhirnya juga berpengaruh pada besarnya ‘pengorbanan’ yang dilakukan konsumen dalam bentuk harga lebih tinggi. Sebaliknya jika suatu brand dianggap sebagai nilai utama yang harus dipegang oleh perusahaan, maka penetapan kualitas produk harus disesuaikan dengan harga. Oleh karena itu, jangan mengesampingkan sebuah brand image supaya semakin memperkuat brand equity yang sudah ada.  (ang)

Sumber photo : outbox4.com

Iim Rusyamsi (@iimrusyamsi)
Iim Rusyamsi (@iimrusyamsi)
Pemilik bisnis di bidang IT dan Pendidikan. Berkecimpung di dunia bisnis sejak tahun 2000. Saat ini adalah Founder dan CEO PT Mitratama Global Sejahtera dan Direktur & CMO ukmmarket.co.id. Salah satu pendiri Komunitas Tangan Di Atas dan Presiden TDA (2008-2011). Iim aktif menulis Kolom #KlinikUKM pada Detik.com (Detik Finance). Kumpulan artikelnya : http://ukmsukses.com/author/iimrusyamsi/ Follow : @iimrusyamsi Blog: http://iimrusyamsi.com
http://iimrusyamsi.com

One thought on “UMKM Jangan Mengesampingkan Brand Image

Leave a Reply


3 + 7 =