UKM Bisnis Online Perlu Diperkuat Dengan Branding

ecommerce indonesiaUKMSukses.com – Pelaku UKM bisnis online dinilai perlu mempunyai karakter yang menjadi ciri khas dengan memperkuat branding untung menggalang kepercayaan terhadap konsumen yang sering berbelanja online. Namun, untuk mendapatkannya tentu bukan perkara yang mudah, apalagi banyak toko online yang menawarkan jenis dan bentuk barang yang relatif sama. Untuk itu tentu harus menciptakan, meningkatkan dan memperkuat dengan sebuah branding.

Mengapa demikian, karena dalam beberapa kasus pada segelintir orang ada yang memanfaatkan bisnis online tersebut untuk penipuan, selain itu, banyak juga produk yang sama yang ditawarkan di toko online tetapi pada kenyataannya berbeda dengan yang diinginkan. Tentu hal ini menjadi bahan renungan bagi konsumen untuk membeli barang di toko online. Sehingga berakibat merugikan konsumen dan hilangnya pelanggan yang akan menjadi calon pembeli di toko online.

Dengan semakin menjamurnya media sosial seperti Facebook, Linked, Instagram dan teman-temannya itu. Banyak pula yang memanfaatkan hal tersebut untuk menipu konsumen yang akhirnya calon konsumen merasa ragu dan bimbang untuk membeli atau tidak. Padahal, sebenarnya mereka tertarik dengan produk yang ada di online tersebut.

Ada beberapa cara untuk membantu UKM dalam memperkuat bisnis onlinenya. Walaupun branding tetap menjadi fokus utama dalam mengembangkan bisnis online atau offline. Cara pertama yang perlu dilakukan oleh pelaku UKM ialah dengan display offline, dengan cara ini mudah-mudahan bisa membantu para pelaku UKM untuk mengenalkan produk dan brand dengan berharap menumbuhkan kepercayaan pada konsumen.

Kemudian dengan memperluas jaringan pemasaran dengan menggelar acara event-event yang bertajuk bisnis online ataupun dengan mengadakan acara workshop dengan disisipi pengenalan produk-produk UKM yang tergabung dalam bisnis online. Selain itu, dengan sering mengadakan bazaar-bazaar setiap bulan atau setiap ada kegiatan yang menyangkut produk UKM.

Sehingga pada akhirnya konsumen bisa mengenal produk UKM terutama pelaku UKM yang menggunakan online shop untuk memupuk kepercayaan terhadap barang yang akan dibelinya, lalu untuk membangun track record dari brand sebuah toko online yang dapat memudahkan konsumen mengenal produk dari bisnis online tersebut. (ang)

Admin @ukmsuksescom
Admin @ukmsuksescom
Ditulis dan diposting oleh Admin UKMSukses.com

Leave a Reply


3 + 8 =