Trik-trik Melebarkan Sayap Usaha

ukm melebarkan sayap usahaUKMSukses.com – Menggapai kesuksesan dan melebarkan sayap suatu usaha yang telah dimulai memang tidak semudah membalikan telapak tangan. Banyak kerja keras dan perjuangan yang perlu dihadapi pada awal merintis usaha. Menilik pengalaman usaha yang telah dilakukan para entrepreneur muda di ajang Wirausaha Muda Mandiri Expo 2015 tersebut, tidak lepas dari kerja keras dan ketekunan, bila mengutip kata-kata dari Dahlan Iskan: “Gagallah di tahun ini sehingga di tahun berikutnya harus siap bangkit dalam menyongsong Indonesia di tahun 2018”.

Bukan berarti hal tersebut ditangkap sebagai menggagalkan apa yang sudah dijalani melainkan mulai berani dalam berbisnis dan jangan takut akan resiko yang bakal dihadapi. Dalam memandang kegagalan para entrepreneur muda ini memandang kegagalan dianggap sebagai kenaikan kelas yang lebih tinggi. Oleh sebab itu, dengan kegagalan yang sudah dialami merupakan kebangkitan dari kerja keras dan perjuangan yang tidak perlu untuk disesali.

Baca juga : Di Fase Mana Usaha Anda?

Banyak hal yang patut anda ketahui dan pahami oleh para pengusaha terutama pengusaha muda dan UKM bahwasannya untuk dapat meraih kesuksesan dalam mengembangkan dan melebarkan sayap usahanya, diperlukan beberapa trik agar usaha tersebut berkembang. Berikut trik-trik dalam melebarkan sayap usaha :

Yakin pada ide yang anda buat

Memiliki keyakinan terhadap suatu gagasan atau ide, akan menjadikan bahan bakar dalam memulai suatu usaha disamping kerja keras dan keahlian yang anda miliki. Dengan keyakinan yang mantap akan ide atau gagasan maka anda akan memiliki visi bisnis yang jelas dimasa depan guna mengembangkan usaha anda.

Konsep bisnis yang sederhana

Ketika banyak orang yang ingin cepat sukses sehingga membuat konsep bisnis yang terlalu muluk-muluk tetapi pada akhirnya susah dijalankan. Dengan kemampuan yang anda miliki, buatlah konsep usaha yang sederhana sehingga usaha anda mudah dijalankan dan tuangkanlah keahlian khusus anda dalam usaha yang dijalankan oleh anda.

Baca juga : Bagaimana UMKM Naik Kelas (2)

Jangan berhenti untuk belajar hal baru

Saat usaha anda sudah berkembang dari sebelumnya sebaiknya anda jangan merasa puas dan tetap mempelajari hal-hal baru. Misalkan pelajari minat konsumen, trend pasar dan cari informasi dari berbagai sumber guna melakukan inovasi-inovasi dalam usaha agar semakin menguntungkan usaha anda kedepannya.

Pastikan anda aktif berpromosi

Anda harus aktif dalam mempromosikan usaha dan produk ke konsumen terlebih kemasyarakat luas. Misalkan promosi melalui brosur, iklan bahkan dijaman sekarang kita bisa memanfaatkan internet marketing untuk mempromosikan usaha dan produk anda keseluruh masyarakat luas. (ang)

Admin @ukmsuksescom
Admin @ukmsuksescom
Ditulis dan diposting oleh Admin UKMSukses.com

Leave a Reply


5 − = 3