4 Tips UKM Agar Siap Menghadapi MEA

Screen Shot 2015-03-14 at 9.08.59 AM

UKMSukses.com – Dalam menghadapi pasar bebas ASEAN dan tentunya pasar global di tahun 2015, seluruh masyarakat Indonesia diminta memberikan perhatian serius guna mempersiapkan diri dengan matang untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN atau yang sering dikenal dengan MEA. Bahkan, tidak hanya para pengusaha nasional, pelaku usaha unit mikro juga harus benar-benar menyiapkan diri dalam persaingan menuju MEA. Dengan adanya MEA pelaku usaha micro se-ASEAN bisa melakukan eksport produknya ke sesama negara ASEAN. Ada empat tips Agar para UKM di Indonesia siap menghadapi MEA, yakni.

Memberikan pengetahuan dan wawasan pada UKM

Dalam menghadapi MEA pemerintah harus mendorong para pelaku usaha kecil dan menengah dalam memberi wawasan dan pengetahuan yang mumpuni tentang bisnis karena ini lebih penting, agar para pelaku usaha mikro dapat dengan mudah menggerakkan bisnisnya sendiri. Para pelaku usaha mikro bisa bertukar wawasan dan pengetahuan dengan banyak mengikuti acara pelatihan dan pagelaran yang mewadahi para UMKM. Dan UMKM dapat mengikuti pameran yang diselenggarakan pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UMKM, untuk mengetahui peluang dan tantangan. Bisnis waralaba sebagai salah satu upaya untuk memperluas pasar produk koperasi dan UKM.

Baca juga : Profil UMKM di Indonesia

Inovasi produk dan pemasaran

Persiapan dalam menghadapi MEA yang harus disiapkan adalah dengan inovasi produk dan pemasaran. Hal ini demi mempersiapkan para pelaku UKM untuk memproteksi agar tidak terjadi produksi dan pemasaran yang stagnan. Sebabnya para pelaku UKM ini harus bersaing dengan produk-produk dari negara ASEAN lainnya.

Sosialisasi melalui media

Tidak sebatas dengan memberi pengetahuan dan inovasi produk saja, melainkan dengan mensosialisasikan melalui media baik itu media cetak maupun elektronik agar produk-produk yang di promosikan dapat dikenal oleh masyarakat Indonesia bahkan masyarakat global dan UKM Indonesia bisa berkompetitif di pangsa pasar internasional.

Baca juga : Proses Yang Dilakukan dalam Branding Produk UKM

Membangun kemitraan

Membangun kemitraan dan menggandeng para pebisnis dan pengusaha besar nasional pelaku bisnis dan pengusaha besar nasional diharapkan membangun kemitraan dengan menggandeng pelaku UKM dalam negeri, khususnya pelaku industri kreatif, sehingga akan menjadi solusi terhadap masalah pemberdayaan UKM saat ini, terkait dengan akses permodalan dan pembiayaan serta pengembangannya, termasuk teknologi tepat guna dan penguatan pemasaran. (ang)

Iim Rusyamsi (@iimrusyamsi)
Iim Rusyamsi (@iimrusyamsi)
Pemilik bisnis di bidang IT dan Pendidikan. Berkecimpung di dunia bisnis sejak tahun 2000. Saat ini adalah Founder dan CEO PT Mitratama Global Sejahtera dan Direktur & CMO ukmmarket.co.id. Salah satu pendiri Komunitas Tangan Di Atas dan Presiden TDA (2008-2011). Iim aktif menulis Kolom #KlinikUKM pada Detik.com (Detik Finance). Kumpulan artikelnya : http://ukmsukses.com/author/iimrusyamsi/ Follow : @iimrusyamsi Blog: http://iimrusyamsi.com
http://iimrusyamsi.com

Leave a Reply


+ 1 = 8