Tips Memulai Usaha Kue Tradisional Atau Jajanan Pasar

Screen Shot 2015-03-14 at 9.08.59 AMUKMSukses.com – Kue tradisional atau jajanan pasar merupakan istilah untuk kue-kue basah tradisional khas yang hanya ditemukan di Indonesia. Sebab jajanan tersebut pada jaman dulu hanya bisa ditemukan di pasar-pasar tradisional. Walaupun semua orang bisa membuatnya sendiri ataupun banyak kue modern yang menjajakan seperti cake shop, makanan cepat saji (burger, pizza, dll) ataupun restoran modern saat ini, tetapi tetap menjadi lahan usaha yang tak pernah tergerus oleh waktu.

Alasan usaha seperti ini tetap pamor dan tak pernah padam dikarenakan punya pangsa pasar tersendiri, banyaknya jenis dan model makanan yang ada membuat Indonesia kaya dangan panganan lokal yang mencirikan daerah tertentu di Indonesia. Kesan sederhana, tradisional, dekat dengan komunitas dan harga yang wajar membuat sejumlah penikmatnya ketagihan untuk membeli dan mengkonsumsi kue tradisional tersebut.

Pelanggannya pun dapat kita jumpai ketika ada acara-acara rapat, pengajian ibu-ibu, acara tahlilan, arisan-arisan atau acara keluarga lainnya yang membutuhkan dalam jumlah yang cukup banyak pesanannya. Sehingga peluang usaha jajanan pasar ini bisa menjanjikan dan menjadi ladang usaha yang tidak boleh dikesampingkan. Meskipun sudah banyak usaha rumahan dan industri yang telah mempunyai toko khusus yang menjual kue-kue basah, namun apa salahnya jika anda mencoba memulai bisnis ini. Berikut tips memulai membuka usaha kue tradisional atau jajanan pasar.

  1. Tempat lokasi berjualan

Dalam membuka usaha terutama bisnis kuliner, ada baiknya mensurvei lokasi yang akan dijadikan tempat berjualan, karena lokasi sangat menentukan dimana merupakan faktor dari kesuksesan, menunjukan segmen pasar, dalam menentukan besaran modal yang dikeluarkan serta jenis dan model panganan yang akan dijajakan.

  1. Gunakanlah peralatan pendukung

Meja, etalase dan kursi yang menarik. Gunanya adalah untuk menjajakan barang dagangan anda dan melindungi barang dagangan anda dari debu dan menjaga agar tetap bersih dan layak untuk dijual sehingga konsumen yang datang langsung bisa melihat barang dagangan anda yang tersedia di tempat anda.

  1. Harga

Harga jual tidak saja ditentukan oleh ongkos produksi dan hitungan keuntungan yang akan diambil, melainkan target pasar yang ingin anda capai. Maka, untuk sementara buatlah harga yang murah dan terjangkau oleh masyarakat luas untuk mencari pelanggan tetap dan untuk mencari segmen pasar yang menguntungkan kedepannya.

  1. Info bisnis

Buatlah atau datangkan produk kue tradisional yang berbeda variasi baik dari rasa, jenis dan model jajanan pasar tersebut untuk menghindari dari kebosanan dari para konsumen.

  1. Promosi

Buatlah spanduk yang bisa terbaca jelas oleh masyarakat yang melihat, buatlah brosur atau kartu nama berikan ketika membeli ditempat anda atau sebarkan brosur di tempat-tempat keramaian untuk memperkenalkan usaha dan produk anda.

  1. Pemasaran

Pemasaran bisa dilakukan dengan cara tradisional yaitu direct selling atau memalui internet marketing melalui jejaring sosial atau media sosial. Bisa juga dengan menempatkan nama usaha, alamat dan kontak usaha di media box atau dikantong plastik yang digunakan untuk membungkus setiap ada pembeli.

Semoga keenam tips tersebut bermanfaat bagi anda yang ingin membuka usaha aneka kue tradisional. (ang)

Admin @ukmsuksescom
Admin @ukmsuksescom
Ditulis dan diposting oleh Admin UKMSukses.com

Leave a Reply


6 − 6 =