Tips Cara Menanggapi Komplain Pelanggan

komplain ukmsuksescomUKMSukses.com – Loyalitas itulah kata-kata yang paling ampuh dalam menggiring pelanggan agar mendapatkan pelanggan tetap dan yang baru. Loyalitas pelanggan merupakan kata kunci paling penting untuk setiap perusahaan yang ingin sukses, bahkan mungkin lebih dari itu. Sehingga ada kalanya ketika anda pertama kali mendengar tanggapan miring atau isu negatif tentang sebuah produk atau kaitannya dengan bisnis yang anda lakukan, sehingga salah satu pelanggan anda tidak puas dengan bisnis atau produk yang anda pasarkan akibatnya pelanggan anda kecewa, bisnis anda merugi dan yang pasti tidak berkembang.

Dalam era media sosial sekarang ini, komplain pelanggan, tanggapan miring atau berita buruk dengan cepat dan mudah bisa tersebar ke ratusan bahkan ribuan calon pelanggan. Sebagai pelaku bisnis yang ingin sukses, berkembang, populer serta kuat, hal yang lebih penting dalam menanggapi tanggapan miring adalah memastikan bahwa anda merespons dengan cepat, tepat dan penuh tanggung jawab. Meskipun tidak selalu bisa dicegah tetapi setidaknya dapat dikemas baik sehingga dapat dikendalikan.  Maka untuk  membantu mengurangi dampak yang dapat merugikan bahkan dapat menghancurkan bisnis anda, anda perlu mengubah pelanggan dengan pengalaman buruk menjadi pelanggan yang setia caranya yaitu sebagai berikut :

Jadilah proaktif

Tindakan pencegahan selalu menjadikan yang terbaik dari pada tidak dicegah sama sekali, untuk memastikannya hal pertama adalah menjadikan proaktif dalam menerima komplain pelanggan atau tanggapan miring tersebut dan bersiaplah untuk mengambil tindakan ketika ada isu miring tentang produk atau bisnis yang anda lakukan. Meskipun strategi ini tidak bisa selamanya dilakukan, tetapi setidaknya bisa terkendali dengan mengumpulkan isu-isu yang berkembang dimasyarakat. Banyak layanan yang tersedia yang dapat dijadikan bahan untuk memberitahukan ketika menerima tanggapan misalkan di situs internet yang paling populer diantaranya ada layanan yang disebut Google Alerts, ReviewPush, dan ReviewTrackers dan jika koran atau tabloid ada yang disebut dengan surat pembaca.

Tanggapan yang tepat untuk berita negatif

Ketika Anda menerima berita buruk tentang bisnis anda, yang penting anda lakukan adalah dengan tidak merespon secara emosional. Wajar jika merasa tersinggung, tapi jangan biarkan hal itu dijadikan respon yang berlebihan. Terlepas dari pengaduan tersebut sangat berarti bagi kemajuan bisnis anda. Kuncinya di sini adalah untuk segera menanggapi keluhan dan tulus dalam menanggapi keluhan tersebut. Dalam hal ini, anda akan menemukan bahwa hal ini adalah semata-mata diperlukan untuk membuat pelanggan senang dan mempertahankannya sebagai pelanggan. Bahkan ketika berita negatif tersebut tidak terjadi, pelanggan lain bisa melihat bahwa perusahaan anda sedang berusaha untuk menyelesaikan masalah, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Sumber photo : lifehack.org

Iim Rusyamsi (@iimrusyamsi)
Iim Rusyamsi (@iimrusyamsi)
Pemilik bisnis di bidang IT dan Pendidikan. Berkecimpung di dunia bisnis sejak tahun 2000. Saat ini adalah Founder dan CEO PT Mitratama Global Sejahtera dan Direktur & CMO ukmmarket.co.id. Salah satu pendiri Komunitas Tangan Di Atas dan Presiden TDA (2008-2011). Iim aktif menulis Kolom #KlinikUKM pada Detik.com (Detik Finance). Kumpulan artikelnya : http://ukmsukses.com/author/iimrusyamsi/ Follow : @iimrusyamsi Blog: http://iimrusyamsi.com
http://iimrusyamsi.com

Leave a Reply


3 − 2 =