Tips Bisnis Rumahan Pencucian Sepeda Motor dan Mobil

bisnis cucian motor ukmsuksescomUKMSukses.com – Di Indonesia kendaraan bermotor jumlahnya naik dan bertambah terus tiap tahunnya, walaupun tidak ada penambahan untuk akses jalan raya sehingga mengakibatkan kemacetan dimana-mana. Baik itu roda dua maupun roda empat seperti kendaraan pribadi misalnya. Akses kepemilikan kendaraan seperti sekarang ini semakin mudah. Meskipun sekarang pemerintah sudah memperketat kepemilikan kendaraan dengan mewajibkan wajib pajak untuk tiap satu orang memiliki satu kendaraan. Dengan uang muka ringan dan cicilan yang kecil membuat orang berame-rame memiliki kendaraan sehingga tidak jarang dalam satu rumah ada lebih dari satu unit sepeda motor atau mobil. Pertambahan terbanyak ada di sepeda motor dan mobil pribadi jika dilihat-lihat, jumlah yang banyak untuk Negara yang sedang berkembang seperti Indonesia. Tentu dengan jumlah yang banyak itu makin banyak pula peluang usaha yang bisa dimanfaatkan diantaranya jasa tambal ban, jual aksesoris kendaraan bermotor, jasa servis kendaraan bermotor dan tentunya yang bakal kita bahas adalah tips bisnis cuci kendaraan sepeda motor dan mobil.

Tips bisnis mencuci kendaraan sepeda motor dan mobil sebagai berikut:

Pemilihan Lokasi Yang Tepat Dan Strategis

Dalam pemilihan tempat yang anda harus lakukan adalah memilih lokasi yang tepat, dengan kata lain memastikan tempat yang anda pilih dengan benar-benar tepat misalnya saja dipinggir jalan atau yang sering dilalui oleh kendaraan mobil dan sepeda motor karena dengan pemilihan yang tepat ini merupakan selling point, sedangkan bentuk lokasi yang strategis ialah penentuan lokasi yang dekat dengan pusat keramaian misalkan bengkel, dekat pasar, sekolahan, pusat perbelanjaan dan permukiman penduduk.

Marketing Promotion

Buatlah konsep marketing promotion yang sedemikan rupa, menarik, penasaran dan menjadi pusat perhatian khalayak ramai sehingga membuat konsumen tetap dan konsumen baru berdatangan terus-menerus. Buatlah ide yang cemerlang seperti membuat selebaran seperti halnya brosur, pasang papan nama atau spanduk yang besar, mengiklankan di radio atau surat kabar yang harga untuk mengiklankannya murah, serta yang menarik lagi adalah dengan undian dan pembagian hadiah bagi konsumen yang terus menerus mencuci kendaraan ke tempat anda.

Mempersiapkan Peralatan Dan Bahan

Mempersiapkan peralatan biasanya yang memang merupakan standar yang layak untuk cuci sepeda motor dan mobil hal ini guna mempermudah kerja anda dalam mengerjakan pencucian. Biasanya peralatan yang harus disiapkan adalah dudukan sepeda motor dan mobil (hydraulic lift disesuaikan dengan modal yang anda punya),compressor/steam wash, ember, selang air, sikat, kanebo dan lap kain. Sedangkan untuk bahan utama yang pasti untuk mencuci adalah air yang bersih setidaknya air yang mengalir dari sumbernya dan shampoo khusus buat sepeda motor dan mobil.

Fasilitas Service

Fasilitas service wajib adanya sebab fasilatas merupakan faktor penunjang dalam melayani konsumen, seperti tersedianya fasilitas tempat hiburan seperti tv, music box dan tempat bermain anak bagi yang membawa anak, fasilitas tempat makan atau resto kecil misalkan menyediakan jajanan atau tempat makan agar konsumen tidak bosan hal ini sebagai bentuk usaha lain atau diversifikasi usaha.

Good Service (Bentuk Dan Mutu Pelayanan)

Buatlah good service yang memenuhi standar pelayanan karena hal tersebut membuat usaha anda berbeda dan sulit dicontoh oleh pesaing anda. Oleh sebab itu, anda harus menerapkan kepada seluruh karyawan agar mengerti, memahami dan menerapkan bentuk dan mutu pelayanan sebaik mungkin terhadap konsumen. Contohnya sambut dengan keramahan, memakai greeting ketika menyapa konsumen, dan pelayanan yang cepat serta tanggap pada tanggung jawabnya. (ang)

Sumber foto : harisistanto.wordpress.com

Admin @ukmsuksescom
Admin @ukmsuksescom
Ditulis dan diposting oleh Admin UKMSukses.com

Leave a Reply


+ 6 = 7