Tips Agar Desain Kemasan Berkuallitas Tinggi Dengan Anggaran Terbatas

desainmurah ukmsukses

Salah satu cara yang relatif sederhana untuk mengakali agar biaya produksi kemasan rendah adalah dengan menggunakan kemasan satu warna tetapi dimaksimalkan desainnya. Hal ini berdasarkan kenyataan bahwa semakin banyak warna akan menambah beban cost produksi dan kenyataan lain bahwa yang membuat sebuah kemasan terlihat elegan, bukan melulu masalah jumlah warna yang digunakan tetapi bagaimana desain itu sendiri.

 

Berikut ini beberapa tips agar kemasan 1 warna tetap bisa memberikan impresi yang maksimal

 

Tips 1 : Gunakan warna blok yang sesuai dengan karakter produk

Misalnya salah satu contoh kemasan Hisana Fried Chicken yang secara tidak sengaja menarik perhatian kami berikut ini:

 

Memang masih ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membuat kemasan Hisana Fried Chicken itu lebih maksimal, tetapi idenya menggunakan satu warna itu (entah karena memang untuk menghemat atau ingin memberikan impresi khusus) bisa dibilang cukup berhasil. Sebagian kita mungkin berpikir kalau “cuma bisa” mencetak dengan 1 warna, kita jadikan dominan putih dan desain seadanya. Padahal kalau ia mau bereksperimen dengan membuat warna blok seperti di atas impresinya akan lebih bagus. Warna yang “nge-blok” pada seluruh permukaan itu akan memberi penegasan yang lebih, sehingga pesan lebih kuat tersampaikan.

 

Tips 2 : Gunakan nuansa asimetris agar lebih terkesan modern

Nama produk di tulis di tengah, vertical dan horisontal center adalah sesuatu yang biasa. Coba bereksperimen, misalnya jika produk anda adalah produk makanan, untuk meletakkan nama brand anda aga sedikit di pojok kanan bawah. Insya Allah hasilnya akan terasa “berbeda”. Toh tidak pernah ada yang mewajibkan semua harus diletakkan di tengah bukan?

 

Tips 3: Gunakan ilustrasi yang kuat untuk menarik perhatian

Agar terkesan lebih powerful, anda bisa menambahkan sebuah ilustrasi yang memberikan simbolisasi produk tersebut secara elegan. Jika ilustrasi tersebut terlihat kuat, terlihat estetik maka ia bisa mempengaruhi impresi secara keseluruhan.

 

Tips 4: Gunakan nuansa minimalis

Jadikan kelemahan sebagai kekuatan ! Jika anda tak bisa mencetak dalam banyak warna, gunakan itu sebagai kekuatan anda. Buatlah desain yang lebih minimalis sehingga yang ditangkap orang adalah “keeleganan” bukan “ketidakmampuan” cetak full color. Jangan terlalu banyak ornamen, jangan terlalu banyak teks. Pikirkan dengan benar elemen apa dan informasi apa saja yang harus ada disana.

 

Tips 5: Perkuat Hirarki Informasi

Anda harus mampu memilah mana informasi primer dan mana yang sekunder. Untuk informasi primer, misal nama brand atau slogan, anda bisa beri ia kekuatan dengan mempertebal karakternya. Sementara informasi sekunder, anda perkecil namun pada level yang masih mungkin terbaca. Kekuatan hirarki ini dengan sendirinya akan membantu estetika dan memberikan impresi yang jauh lebih maksimal.

 

Dengan 5 tips di atas, anda tak perlu memaksakan diri membuat kemasan yang mahal misalnya, yang penting anda bisa berinvestasi sedikit pada sisi desainnya untuk memperkuat pesan. Selanjutkan desain ini bisa anda reproduksi berulang-ulang dengan budget yang lebih efisien. Bagaimana pun, kemasan ini akan semakin ekonomis jika reproduksinya bisa semakin murah apabila dihitung secara satuan.

Foto : http://simplestudioonline.com/

Hendro Tri Rachmadi (@ssi_creative)
Hendro Tri Rachmadi (@ssi_creative)
Adalah Founder & Director www.SimpleStudioOnline.com. Sudah berkecimpung di dunia komunikasi visual selama 9 tahun. Hendro aktif sebagai member Komunitas Tangan Di Atas (TDA), Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), dan Marketing Club. Suami dari seorang istri dan ayah dari 2 orang putri ini berkantor di : Jl. Nanas Raya No. 98, Utan Kayu Selatan Jakarta Timur. Kumpulan Artikel : http://ukmsukses.com/author/hendro/ - Follow : @ssi_creative

Leave a Reply


8 − 6 =