Tangga Loyalitas Pelanggan

tangga loyalitas pelanggan ukmsuksescomUKMSukses.com РPelanggan adalah bagian penting dari bisnis kita. Kita tahu bahwa kemajuan suatu bisnis ditentukan banyaknya  aktifitas yang dilakukan pebisnis dengan pelanggannya. Sebagai pemilik bisnis kita harus mengetahui bahwa untuk suatu siklus bisnis tergantung dengan pelanggan. Pelangganlah yang akan mensupport bisnis kita. Namun sebelum itu pemilik bisnis harusnya mempunyai tim bisnis yang baik.

Pemilik bisnis harus mampu mensupport tim bisnisnya, karena tim bisnis inilah yang akan bekerja dan berinteraksi langsung dengan pelanggan sehari-hari. Tim bisnis mensupport pelanggan dengan baik maka pelanggan akan mensupport bisnis. Bisnis akan maju maka hasil bisnis tersebut akan kembali kepada pemiliknya. Dan terus berulang siklusnya, pemilik mensupport tim bisnis, tim bisnis mensupport pelanggan dan pelanggan mensupport bisnis kemudian berulang siklusnya seperti demikian.

Nah untuk mendapatkan support yang baik dari pelanggan, ada konsep tangga loyalitas pelanggan yang menarik dari Brad Sugar, sang guru entrepreneur yang juga pemilik Action Coach International, di buku Instant Sales, sebagai berikut:

1. Suspect

Pelanggan yang berada di tangga terbawah disebut suspect atau baru terduga sebagai pelanggan. Mereka adalah calon pelanggan yang cocok dengan target pasar bisnis Anda, dan mereka bersedia untuk membeli dari Anda.

2. Prospect

Tangga berikutnya disebut prospect/prospek. Mereka adalah calon pelanggan yang merespon iklan Anda, datang ke toko Anda, menelpon Anda. Anda harus mampu berkomunikasi dengan mereka dan mendapatka semua data tentang mereka agar dapat terus berkomunikasi. Tujuan di tahapan ini adalah untuk membangun database prospek. Dengan terus menghubungi mereka, mereka akan menjadi pelanggan Anda ditahap berikutnya. NEXT

Iim Rusyamsi (@iimrusyamsi)
Iim Rusyamsi (@iimrusyamsi)
Pemilik bisnis di bidang IT dan Pendidikan. Berkecimpung di dunia bisnis sejak tahun 2000. Saat ini adalah Founder dan CEO PT Mitratama Global Sejahtera dan Direktur & CMO ukmmarket.co.id. Salah satu pendiri Komunitas Tangan Di Atas dan Presiden TDA (2008-2011). Iim aktif menulis Kolom #KlinikUKM pada Detik.com (Detik Finance). Kumpulan artikelnya : http://ukmsukses.com/author/iimrusyamsi/ Follow : @iimrusyamsi Blog: http://iimrusyamsi.com
http://iimrusyamsi.com

Leave a Reply


8 + = 12