Takjub

susan-boyle takjub ukmsuksescomDalam bukunya Jonah Berger yang berjudul Contagious, Jonah membahas mengenai mengapa sebuah produk bisa jauh lebih populer dibandingkan produk lain. Contoh paling gampang bisa dilihat di You tube. mengapa ada video yang ditonton jauh lebih banyak orang ketimbang video yang lain padahal secara kualitas tidak berbeda jauh ?   Pertanyaan ini merembet ke pertanyaan berikutnya: mengapa orang-orang lebih memilih video atau artikel tertentu untuk dibagikan kepada teman-temannya dibandingkan video atau artikel lain ?

Ada beberapa hal yang menggerakan orang berbagi mengenai topik tertentu, dan salah satu perasaan kuat yang menggerakkan orang berbagi video atau artikel (dan menyebarkan lewat media sosial) adalah rasa takjub. iya Rasa TAKJUB.

Takjub adalah perasaan yang membuat banyak orang tergerak secara emosional untuk membagikan rasa takjubnya pada orang-orang yang dikenalnya.

Contoh yang paling terlihat adalah penampilan Susan Boyle di Britain’s Got Talent. Penampilan Susan Boyle ketika tampil di panggung untuk pertama kalinya mirip penampilan seorang ibu paruh baya dari sebuah kampung di Inggris. Ekspresi juri tampak terlihat malas. seakan-akan mereka sudah bisa langsung menebak bahwa Susan Boyle tak lebih dari orang kampung lainnya yang ingin terkenal. Dandanannya bahkan ada yang mengomentari seperti gabungan antara kain tirai tak terpakai dan baju bekas dari bakti sosial. Dan, ketika ditanya apa keinginannya, Susan Boyle menjawab: menjadi penyanyi profesional.   Wah. Kamera langsung menyorot berbagai ekspresi penonton yang tertawa sambil bola matanya berputar (tanda tak percaya). Bahkan para juri tersenyum sinis. terlihat jelas bahwa semua orang yang melihat penampilan Susan Boyle berharap perempuan ini segera meninggalkan panggung.

Hingga akhirnya Susan Boyle bernyanyi. Dia menyanyikan “I Dreamed a Dream” dari Les Miserables. Pada saat itulah suara indah Susan Boyle membuat semua orang berhenti bernafas beberapa saat. Mereka dipenuhi rasa takjub. Bahkan sebagian orang mulai berlinang air mata.

Penampilan perdana Susan Boyle di Britain’s Got Talent ini merupakan salah satu video yang paling banyak ditonton. Dalam waktu hanya Sembilan hari, video ini ditonton lebih dari 100 juta orang !

Albert Einstein mengatakan, “Emosi paling indah yang bisa kita alami adalah sesuatu yang misterius. Itulah kekuatan di balik semua seni dan ilmu yang sejati. Orang yang menganggap emosi ini asing adalah orang yang tidak bisa lagi merasa takjub dan sulit percaya, sama seperti orang yang sudah mati.”

Saya pun punya pengalaman rasa takjub yang memang menggerakkan saya untuk saya bagikan pada semua pembaca.

Suatu kali saya menghasilkan sebuah modul pelatihan berkaitan dengan kreativitas. Pelatihan ini membutuhkan waktu 2 hari 8 sesi.   Karena sama sekali tidak ada bujet untuk menguji coba modul ini, maka saya dibantu oleh sebuah komunitas. Sebut saja ini sebagai Komunitas SM.   Komunitas ini yang membantu mengorganisasi siapa yang menjadi peserta pelatihan, mempersiapkan alat-alatnya, menentukan siapa yang menjadi fasilitator selama pelatihan berlangsung (baik yang mengoperasikan audio baik yang memimpin melakukan ice breaking games).

Meski mereka berdasar basis sukarela (jadi sama sekali tidak ada bayaran), mereka sangat profesional dan disiplin. Usia mereka antara 20 – 25 tahun. Anak-anak muda yang luar biasa. Selesai pelatihan, para peserta menyalami dan memeluk saya. Mereka berterima kasih atas modul pelatihan yang bermanfaat ini. Para panitia atau komunitas SM ini juga menyalami saya dengan sebuah ekspresi tulus. Dalam ekspresi mereka saya tidak menemukan satu celah pun yang membuat saya beranggapan mereka ingin dipuji atas kerja keras mereka. Saya meninggalkan lokasi pelatihan ini, karena harus terbang ke Balikpapan, dengan perasaan berkecamuk. Alhasil…. di dalam pesawat dalam perjalanan Jakarta ke Balikpapan, saya berlinangan air mata sendiri. Saya takjub pada kebaikan mereka. Takjub pada kegigihan mereka, takjub pada ketulusan mereka (rasanya tidak ada alasan untuk meremehkan masa depan anak muda Indonesia).

Karena rasa takjub adalah emosi kuat orang untuk membagikan kepada orang-orang lain, maka mestinya rasa takjub adalah bisnis yang sangat menarik.   Bayangkan jika orang-orang takjub pada restoran anda, lalu mereka dengan sukarela menceritakan restoran anda ke semua orang. Bayangkan jika orang-orang takjub pada program tv yang anda produksi sehingga mereka menceritakan ke semua orang dan makin banyak orang menonton program tv anda.   Bayangkan jika film anda mampu membuat takjub orang-orang sehingga dengan cepat makin banyak orang mendatangi   bioskop untuk menikmati rasa takjub itu lewat film anda.

Kita semua punya potensi kreativitas untuk menciptakan rasa takjub. Apapun produk yang anda hasilkan.

 

Sumber foto Susan Boyle : http://www.krajina.ba

Aris Ananda (@aris_ananda)
Aris Ananda (@aris_ananda)
Adalah penulis buku KREATIVITAS UNTUK BOOMING. Mengawali karir sebagai jurnalis majalah bisnis dan penulis skenario drama. Berkecimpung lebih dari 20 tahun di industri tv sebagai praktisi. Masih aktif sebagai praktisi di industri kreatif sekaligus trainer dan pembicara untuk tema kreativitas dan industri kreatif. Modul pelatihan yang dikembangkannya: Creative Product Development dan Kreativitas untuk Booming. Kumpulan artikel : http://ukmsukses.com/author/arisananda/ Twitter: @aris_ananda

Leave a Reply


+ 2 = 3