Sandiaga S. Uno : Pelaut Tangguh Tidak Lahir di Laut Teduh

Pelaut TangguhUKMSukses.com – Dalam acara Pesta Wirausaha 2015, bertempat di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Minggu (5/4). “Bertemakan Bagaimana Menghadapi Tantangan MEA 2015”. Ada seorang pembicara yang kini menjadi pengusaha sukses dan memegang sejumlah peranan amat vital di beberapa perusahaan besar dia adalah Sandiaga S. Uno.

Sandi Uno, biasa disapa, mengatakan bahwa dalam memasuki MEA 2015 perlu adanya persiapan. Oleh sebab itu, menurut dia untuk menjadi seorang entrepreneur sejati. Pengusaha diibaratkan sebagai seorang pemimpin atau nahkoda kapal yang berlayar di tengah lautan luas yang penuh dengan ombak besar. Sebab seorang pelaut tangguh sejatinya tidak lahir dari laut teduh yaitu seorang entrepreneur sejatinya terbentuk dari berbagai pengalaman selama membangun bisnisnya, pasang-surut dan jatuh-bangunnya usaha dalam berbisnis adalah modal penting menjadi seorang entrepreneur sejati.

Terkadang ketika dalam membangun bisnis seorang pengusaha memerlukan persiapan dan rencana yang matang. Karena dengan membuat rencana yang baik dan sebagus mungkin setidaknya dapat menghindari dan mengatasi situasi sulit yang datang sewaktu-waktu dan kapan saja. Sehingga perlu diwaspadai. Pada intinya ketika datang situasi yang tidak memungkinkan dapat diatasi dengan sebaik-baiknya. Persiapan yang diperlukan bagi entrepreneur agar selalu tetap waspada menghadapi MEA pada akhir tahun 2015 adalah sebagai berikut`.

1)      Update dengan informasi terkini

Zaman sekarang yang namanya informasi itu sangat dibutuhkan tidak hanya sekadar ingin tahu update berita terbaru melainkan menambah pengetahuan dan menambah serta memudahkan dalam pergaulan hidup masa kini.

Untuk mendapatkan informasi terkini tidak hanya melulu pada sebuah alat berupa PC komputer, laptop atau notebook yang terhubung dengan internet saja melainkan bisa dengan gadget ataupun smartphone yang kini teknologinya semakin canggih.

Sehebat dan sepintar apapun seorang pengusaha, hal tersebut tidak mempunyai arti apa-apa jika tidak memiliki informasi update terkini dan melalui media yang terpercaya agar tidak ketinggalam jaman dan mampu mengantisipasi perubahan.

2)      Fleksibel/tidak kaku/mudah adaptasi

Seorang pengusaha hakekatnya harus menjadi luwes, mudah dan cepat menyesuaikan diri jika terjadi perubahan mendadak. Hal ini bisa terjadi ketika dalam membangun bisnis rencana awal tidak berjalan semestinya karena ada hambatan. Maka sangat normal bagi seorang pengusaha untuk mengubah pada rencana yang lain, selama target yang tercapai tetap sama.

3)      Bersosialisasi/bersilaturahmi

Untuk menghadapi tantangan MEA para pengusaha Indonesia harus terus menjalin persaudaraan dengan memperbanyak teman bukan lawan, hal ini ada kaitannya dengan hubungan informasi sebab semakin banyak pertemanan yang terhubung, maka semakin bertambah pula silaturahmi sehingga memudahkan untuk bersosialisasi.

4)      Jangan ragu minta pertolongan

Bila tantangan yang hadapi terasa memberatkan, dan usaha bisnis yang dibangun berada dalam kesulitan yang tinggi, maka kembali ke poin 3 hal tersebut bisa membantu kita dalam mencari solusi dan memecahkan masalah. (ang)

Admin @ukmsuksescom
Admin @ukmsuksescom
Ditulis dan diposting oleh Admin UKMSukses.com

Leave a Reply


− 1 = 6