Sandiaga S. Uno Menjawab Keraguan UKM Dalam Menghadapi MEA

sandiaga s uno ukmsuksescomUKMSukses.com – Dalam menghadapi pasar global sebagian entrepreneur menganggap sebagai ancaman bisnis pelaku usaha kecil. Untuk menanggapi keraguan dan kebimbangan pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) ketika dihadapkan pada kenyataan yang sudah didepan mata menurut Sandiaga Salahudin Uno atau yang akrab disapa Sandi Uno yang merupakan salah satu tokoh pengusaha muda yang sukses mengatakan bahwa pengusaha muda butuh budaya kerja keras atau etos kerja keras dan memiliki kreatifitas, inovasi dan semangat juang untuk membangun Indonesia dalam menghadapi persaingan di pasar bebas MEA.

Untuk mewujudkan hal tersebut perlu adanya perubahan mindset sehingga bisa menciptakan daya saing yang lebih tinggi. Cara yang bisa dilakukan menurut Sandi Uno adalah dengan mewujudkan kreatifitas yang tinggi dan mampu berinovasi, sebab kreatifitas kata dia, tidak bisa disaingi begitu saja sedangkan inovasi adalah limpahan anugrah yang datangnya dari Tuhan. Hal ini diungkapnya saat kami temui di acara Pesta Wirausaha Komunitas TDA, Minggu, 5 April 2015.

Sandi menambahkan setelah terwujudnya kreatifitas dan inovasi maka cara selanjutnya adalah dengan budaya kerja keras atau yang sering orang-orang bilang adalah etos kerja keras serta ditambah dengan dipupuknya semangat pantang menyerah dalam diri masing-masing pengusaha, hal ini yang sebetulnya diperlukan oleh anak-anak bangsa Indonesia untuk dijadikan modal sebagai pengusaha sukses. Cara tersebut dijadikan alasan sebab daya saing di Indonesia bisa dibangun tetkala para pengusaha itu tangguh, kata dia.

Etos kerja keras kata Sandi Uno terbagi menjadi empat bagian diantaranya adalah kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas. Dia melihat bahwa di Indonesia ada tiga sektor perekonomian dan berpeluang menjadikan bisnis yang baik, pertama adalah sektor industri, kedua adalah infrastruktur dan yang terakhir adalah sumber daya alam yang berlimpah. Ketiga sektor tersebut bisa berjalan apabila pengusaha muda di Indonesia dapat menciptakan dan membangun kegiatan usaha dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri serta menjadi bagian yang berkontribusi di era pasar globalisasi. (ang)

Photo : www.vebidoo.de

Admin @ukmsuksescom
Admin @ukmsuksescom
Ditulis dan diposting oleh Admin UKMSukses.com

Leave a Reply


3 + = 12