Proses Yang Dilakukan dalam Branding Produk UKM

Branding sederhananya adalah membuat produk kita berbeda dengan kompetitor. Dan pada tinjauan yang luas, ia adalah langkah kita untuk membenamkan value pada produk/jasa kita sehingga ia bukan barang “mati” lagi, tetapi berubah seakan menjadi benda hidup yang bisa bergerak dan berkembang sendiri.

Pada sisi dasar, kita harus menanamkan sebuah value yang akan menjadi komitmen bersama. Setelah itu baru value itu “dikomunikasikan” secara massal baik kepada pihak internal perusahaan (internal branding), maupun kepada pihak luar (konsumen). Value itulah yang dijual dan direpresentasikan dalam banyak material promosi.

Dari sisi visual proses branding UKM ini misalnya dengan mulai membuat logo, company profile, brosur,kemasan produk dan semua material promosi visual yang bisa merepresentasikan sebuah value yang diusung. Salah satu catatan besar branding adalah konsistensi. Dan karenanya, selain mengimplementasikan value dalam simbol-simbol visual tertentu, semua material promosi itu harus dijaga konsistensinya sebab ini menyangkut identifikasi konsumen terhadap brand kita.

Semua proses yang dilakukan untuk membangun sebuah brand tidak bisa dilakukan dalam waktu yang sebentar. Sebabnya sederhana, karena proses penerjemahan dan deliver value itu tidak bisa sebentar. Konsistensi itu yang butuh pembuktian di lapangan. Jika sebuah brand sudah terbukti bisa mendeliver value-nya dengan konsisten, baru proses branding itu dianggap berhasil.

Jangankan UKM yang kebanyakan memiliki dana terbatas. Perusahaan besar saja yang ingin melakukan branding untuk sebuah produknya membutuhkan waktu rata-rata 5 tahun hingga brand-nya stabil dalam arti mulai dari awareness hingga loyalitas. Walaupun sering kali permasalahan budget bisa dicari jalan keluarnya dengan solusi yang lebih kreatif seperti dengan memanfaatkan WOMM (Word of Mouth Marketing) dan Socmed (Social Media).

Sumber gambar : http://www.tecnohotelnews.com

Hendro Tri Rachmadi (@ssi_creative)
Hendro Tri Rachmadi (@ssi_creative)
Adalah Founder & Director www.SimpleStudioOnline.com. Sudah berkecimpung di dunia komunikasi visual selama 9 tahun. Hendro aktif sebagai member Komunitas Tangan Di Atas (TDA), Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), dan Marketing Club. Suami dari seorang istri dan ayah dari 2 orang putri ini berkantor di : Jl. Nanas Raya No. 98, Utan Kayu Selatan Jakarta Timur. Kumpulan Artikel : http://ukmsukses.com/author/hendro/ - Follow : @ssi_creative

One thought on “Proses Yang Dilakukan dalam Branding Produk UKM

Leave a Reply


− 2 = 3