Produksi Kemasan UKM, Boleh Murah Asal Bagus!

 

  1. Pilihan Dekorasi

Dari beragam teknik dekorasi kemasan yang ada, setidaknya ada 2 cara yang cocok untuk kemasan UKM. Tentu saja cocok dari segi biaya dan jumlah produksi yang tidak harus sangat banyak.

 

Direct Print

Ini adalah pilihan untuk mencetak langsung desain di atas material kemasan. Teknik ini bisa dilakukan untuk kemasan karton dengan menggunakan teknik cetak offset, atau kemasan lain seperti botol dengan teknik cetak saring atau sablon. Kedua teknik cetak ini terbilang murah untuk cetak dengan jumlah sedikit. Sedang untuk teknik cetak rotogravure atau fleksografi membutuhkan biaya yang jauh lebih besar, dan lebih tepat untuk cetak dalam jumlah sangat banyak, puluhan ribu, ratusan ribu atau jutaan unit.

 

Label Kemasan

Merupakan alternative dekorasi ketika cetak langsung di atas material kemasan tidak memungkinkan. Label kemasan yang dicetak terpisah dapat menekan biaya produksi kemasan. Ukuran dan bentuknya dapat disesuaikan dengan kebutuhan desain dan ukuran kemasan yang digunakan. Dalam jumlah terbatas, label kemasan ini dapat dicetak dengan teknik cetak offset digital, sehingga proses produksinya cepat dan harganya relative murah.

Beberapa hal yang harus diperhatikan jika memilih teknik dekorasi kemasan dengan label adalah, ukuran label yang pas agar tidak terlihat terlalu kecil saat ditempelkan di kemasan, ukuran label yang efektif terhadap luas area cetak mesin cetak digital yang sekitar ukuran A3, kemudian juga material label. Ukuran label yang terlalu dekat dengan tepi kemasan juga akan menyulitkan proses penempelan dan membuatnya lebih rentan mengelupas setelah penempelan.

Untuk kemasan fleksibel lebih baik menggunakan material stiker vynil karena terbuat dari plastik, lebih lentur, tahan air dan tak mudah sobek. Kelebihan ini menjadikannya dapat melekat dengan baik dan terlihat menyatu dengan kemasannya. Sedang untuk kemasan kaku seperti botol dan plastik, material stiker chromo yang berbasis kertas bisa menjadi pilihan dengan harga yang lebih murah. Hanya saja sebelum mencetak dalam jumlah banyak, pastikan terlebih dulu daya rekat label pada permukaan kemasannya. Label dari stiker chromo kurang dapat melekat dengan baik pada beberapa material kemasan, seperti misalkan pada botol plastik dengan permukaan yang agak kasar.

Nangwe (@nangwelogy)
Nangwe (@nangwelogy)
Nanang Wahyudi biasa dipanggil Nangwe adalah Founder & Managing Director Dampu Design dan Founder Rumah Makan Saung Prang Pring. Selain berbisnis, beliau juga aktif menjadi pemerhati UKM khususnya terkait dengan kemasan/packaging dan design. Di tengah kesibukannya, NangWe juga adalah Dosen Kewirausahaan dan Desain Kemasan Politeknik Negeri Jakarta di Depok. Kumpulan artikel : http://ukmsukses.com/author/nangwe Twitter: @nangwelogy.

Leave a Reply


3 + 7 =