Pesta Wirausaha 2015 Menghasilkan Beberapa Langkah Strategis

IMG_1547UKMSukses.com - Ajang Pesta Wirausaha yang diselenggarkan oleh Komunitas Tangan Di Atas (TDA) pada tanggal 3-5 April 2015 kemarin, menghasilkan beberapa gagasan mengenai sepakterjang atau langkah yang harus dilakukan oleh para pelaku usaha kecil dan menengah dalam menghadapi perdagangan bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Dengan adanya MEA pada akhir tahun 2015 membuat sejumlah kalangan ketar-ketir dalam menghadapinya. Hal tersebut diakui oleh sejumlah entrepreneur, bahwa salah satu yang membuat miris ketika Indonesia berada di posisi yang tidak menguntungkan. Misalkan saja yang membuat para kalangan ketakutan adalah ketika lebih dari 50 juta Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang tersebar di seluruh Indonesia hanya 0,4% dari UKM yang tersambung dengan internet. Dimana Indonesia merupakan Negara yang cukup luas dengan sebaran jumlah penduduknya terbesar di ASEAN.

Dalam Pesta Wirausaha tersebut banyak kalangan menyebutkan bahwa Indonesia belum siap menghadapi MEA. Hal ini dikarenakan minimnya langkah persiapan dan kemampuan para pelaku wirausaha yang tergabung dalam unit Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Dan kemungkinan Indonesia hanya dipandang sebagai lalu lintas pasar atau hanya menjadi pasar saja, dimana aliran barang, jasa dan sumber daya manusia dari negara-negara dari tetangga lebih bebas dan lebih mudah masuk ke Negara Indonesia. Indonesia dianggap bukan sebagai yang ikut berkiprah dan memanfaatkan MEA dimata negara-negara ASEAN.

Oleh sebab itu, dengan adanya Pesta Wirausaha 2015 membuat sejumlah para pelaku wirausaha membuat langkah-langkah strategis dan menyatakan optimisme serta bersiap dalam persaingan menghadapi MEA. Tidak hanya itu saja, tetapi dijadikan sebagai awal dalam mengambil tindakan dan untuk meningkatkan kemampuan sehingga membentuk pengusaha tangguh dan sukses dalam berkontribusi bagi bangsa Indonesia. Langkah tersebut dapat dipahami dari temanya yaitu “Indonesia Juara MEA” serta visi dan misinya dalam menciptakan 10.000 pengusaha milyader hingga tahun 2018 di Komunitas TDA.

Dalam ajang Pesta Wirausaha tersebut dalam menggalang kekuatan serta mengokohkan jati diri UKM Indonesia sangatlah tepat, selain membangun network, meet the investor, memperbaharui strategi bisnis dan solusi bisnis juga dapat memperoleh ide usaha baru, menambah wawasan bisnis dalam menyongsong MEA. (ang)

Admin @ukmsuksescom
Admin @ukmsuksescom
Ditulis dan diposting oleh Admin UKMSukses.com

Leave a Reply


− 3 = 4