Peranan Pengusaha Wanita Indonesia Dalam Memperingati Hari Kartini

kartini ukmsuksescomUKMSukses.com - Di tahun 2015 tepatnya Selasa kemarin, (21/4) perayaan Hari Kartini diperingati. Wujud dari peringatan Hari Kartini tersebut berupa penghormatan atas perjuangan kaum wanita, emansipasi wanita dan simbol dari kesetaraan gender. Hal ini sejalan dengan yang telah dilakukan oleh kaum pebisnis wanita di jaman sekarang. Kiprah seorang wanita tidak boleh dipandang sebelah mata, karena wanita juga mampu berkarya, mewujudkan cita-cita dan harapan dengan berbagai macam cara. Dari menggeluti hobi berbisnis sampai yang mempunyai karir cemerlang dalam berbagai bidang, khususnya meraka yang sukses menjadi pengusaha.

Dengan memperingati Hari Kartini, hal ini merupakan penghormatan dan perjuangan yang mesti terus dilanjutkan. Peranan wanita Indonesia dalam perjuangannya terbentuk dalam Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), peran wanita yang tergabung dalam organisasi tersebut tidak hanya mendorong lahirnya wanita-wanita pengusaha yang mampu dan bergerak dalam bidang usaha besar melainkan mendorong tumbuhnya para wanita dalam menggerakkan sektor usaha menengah, kecil dan mikro.

Menurut data dari (wirausaha femina.co.id) di tahun 2012 jumlah wanita yang menjadi pengusaha mencapai 244 ribu orang dari 3,75 juta pengusaha. Kemungkinan besar ditahun 2015 dan tahun berikutnya akan bertambah mencapai 400 ribu orang karena pertambahan penduduk. Semakin gencar diadakan kegiatan yang mendukung terciptanya bibit pengusaha, maka disitu pula akan muncul bibit-bibit pengusaha muda wanita yang unggul. Pengusaha wanita tersebut banyak bergerak di bidang kuliner, garmen dan kerajinan.

Bentuk lain dari peringatan Hari Kartini adalah emansipasi wanita. Emansipasi memang sesuatu yang layak disyukuri dan dimaknai, namun bukan berarti melupakan peranan dari seorang wanita. Sebab adanya emansipasi membantu para lelaki dalam pemenuhan kebutuhan terutama masalah ekonomi.

Pada dasarnya wanita mempunyai dua pilihan menjadi ibu rumah tangga atau menjadi seorang karyawati dalam kata lain bisa diartikan pegawai biasa ataupun pengusaha atau mungkin malah bisa jadi diambil kedua-duanya. Begitu banyak pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah misalnya saja industri rumahan, konveksi atau buka warung. Bisa juga dengan mengembangkan keahlian atau potensi intelektualitasnya seperti menjadi notaris ataupun guru les private rumahan. Jika diambil fungsi kedua-keduanya, berarti bekerja dari rumah, keuntungannya adalah tidak ada waktu yang terbuang yang dihabiskan di jalan dan waktu bersama keluarga juga bisa lebih maksimal.

Wujud yang terakhir dari peringatan Hari Kartini adalah simbol dari kesetaraan gender. Dalam kebijakan pembangunan sektor UKM, wanita mempunyai peranan dan sisi lain dari kesetaraan gender terutama yaitu dalam kontribusinya membangun perekonomian Indonesia.  Wanita, bisa berperan aktif dalam pembangunan dalam bidang apa pun yang dikehendaki. Kesetaraan gender menjadikan perempuan sejajar dengan kaum pria.

Pada intinya adalah peningkatan kualitas dari kemampuan diri seorang wanita dan pengimplementasian terhadap pelaku pembangunan di Indonesia terutama dalam mamajukan perekonomian melalui peran serta wanita-wanita Kartini di jaman sekarang. (ang)

Admin @ukmsuksescom
Admin @ukmsuksescom
Ditulis dan diposting oleh Admin UKMSukses.com

Leave a Reply


8 + = 11