Pentingnya Mengemas Produk UKM dengan Menarik

kemasan produk ukm ukmsuksescomUKMSukses.com – Kemasan atau packaging sama dengan packaging is branding. Sebuah kemasan merupakan ciri dari sebuah produk branding. Kemasan merupakan salah satu ciri khas dari fungsi mengemas sebuah produk dengan daya tarik, sebagai sarana pengiklan, melindungi produk dan yang paling penting adalah sebagai identitas suatu produk. Hal yang paling menarik dari sebuah pengemasan produk adalah dari pengaruhnya terutama dikemas dengan menarik sehingga dapat menarik calon konsumen serta meningkatkan daya saing dipasaran alhasil dapat meningkatkan ke harga jual.

Maka para pelaku UKM juga harus memikirkan bagaimana pentingnya dari sebuah produk yang dikemas melalui kemasannya yang menarik dan beda dari produk yang sejenis. Semakin menarik bungkusnya, maka akan semakin tertarik juga orang untuk membelinya. Kemasan produk juga memberikan sebuah image dari gambaran sebuah produk untuk sebuah kualitas, merk dan kepercayaan dari konsumen. Produk yang dikemas dengan bagus akan meningkatkan rasa percaya diri dari konsumen saat memilih produk yang dibelinya. Selain itu, pentingnya kemasan produk juga sebagai alat untuk mengkomunikasikan (promosi) dari sebuah produk brand kepada konsumennya.

Para pelaku UKM pasti mengenal sebuah produk minuman air mineral dengan merk kemasan “Aqua”. Semua orang tahu bahwa merk dengan kemasan itu adalah sebuah produk minuman air mineral dengan dibungkus kemasan yang menarik dari bahan plastik yang bening, tipis, isinya air mineral dan yang paling penting untuk menandakan identitas serta sebagai alat promosi dengan adanya tulisan di bungkusnya dengan brand “aqua”. Itulah mengapa pentingnya mengemas produk terutama produk dari Industri Kecil dan Menengah.

Tatkala pedagang asongan menawarkan minuman berkemasan dengan meneriakkan “aqua..aqua..”, maka akan timbul kepercayaan pembeli karena mengetahui jenis dari kualitas dan merk barang yang dijual tersebut. Lalu ketika ingin membeli minuman kemasan ke warung maka biasanya penjual langsung memberikan minuman dengan merk tersebut. Walaupun terkadang yang diberikan dengan merk yang lain. Dari situ, menggambarkan bahwa citra dari sebuah produk meningkatkan rasa percaya diri dengan membeli produk tersebut. Dengan media kemasan akan menancapkan citra merk kepada konsumen, sehingga konsumen mudah mengingat dan fanatik untuk memilih produk yang dikenalnya.

Pada dasarnya mengemasan produk UKM melalui kemasan yang menarik harus disesuaikan dengan budget yang sudah dialokasikan. Sebab dengan pengadaan kemasaan tersebut tidak sedikit modal yang akan dikeluarkan dalam jumlah yang sangat besar. Tentu ini sangat berdampak pada industri micro terutama industri rumahan. Oleh karena itu, perlu penyesuaian sesuai dengan keefektifitasannya. (ang)

Photo : twitter @thebannahouse

Admin @ukmsuksescom
Admin @ukmsuksescom
Ditulis dan diposting oleh Admin UKMSukses.com

Leave a Reply


+ 9 = 10