Penilaian Manajemen Jasa Dari Bebarapa Unsur

global-business-teamUKMSukses.com – Merancang dan mengelola bisnis jasa sangat membutuhkan kesabaran dan kerja keras untuk dapat  merangkul para konsumen, dan memang bisa dibilang gampang-gampang susah penyebabnya adalah karena jasa mempunyai sifat, karakteristik, dan ciri yang berbeda dengan barang. Bisnis jasa merupakan tindakan atau kinerja yang dapat ditawarkan satu pihak kepada pihak lain yang membutuhkan yang intinya adalah tidak berwujud dan tidak menghasilkan kepemilikan apapun.

Pada tahapan tertentu konsumen akan mencari informasi tentang pemenuhan kebetuhan yang ideal, yang menurut mereka kebutuhannya sesuai harapan, dengan mempertimbangkan serta menilai resiko yang akan terjadi. Sebab, jasa itu adalah sesuatu yang diproduksi dan dikonsumsi secara berkelanjutan dan hasilnya dapat dilihat setelah terjadi.

Untuk menilai manajemen jasa, pebisnis yang bergelut di bidang jasa mesti melihat beberapa unsur berikut yang bisa dijadikan penilaian dalam mengelola dan untuk mengembangkan sebuah bisnis jasa, antara lain unsur pengalaman, kepercayaan dan penilaian terhadap kepuasan konsumen.

Bila jasa yang digunakan adalah jenis jasa personal atau sosial seperti bisnis jasa warung makan/restoran dan perawatan kesehatan. Maka konsumen akan lebih banyak menilai dari pengalaman. Pebisnis harus pintar dalam memilih strategi bisnis yang digunakan dengan melibatkan konsumen untuk mendapatkan pengalaman baru bagi konsumen lain dengan menggunakan strategi testimoni. Hal tersebut penting ketika konsumen lain menceritakan pengalaman baru tersebut calon konsumen lainnya.

Kemudian bisnis jasa yang lain, yaitu jenis jasa yang kaitannya dengan administrasi umum seperti jasa pendidikan, lembaga kursus dan konsultan manajemen maka, konsumen akan cenderung menilai dengan menggunakan unsur kepercayaan. Dalam hal ini, pebisnis perlu membangun unsur kepercayaan dengan membuat semacam garansi atau membangun reputasi pada konsumen.

Tahapan unsur yang terakhir dan yang paling penting adalah hasil dari timbal balik layanan dari sebuah bisnis jasa terhadap konsumen sebagai unsur dari penilaian tentang kepuasan konsumen terhadap jasa yang digunakannya. Pada akhirnya akan timbul sebab dan akibat sehingga hasil yang diinginkan dan diharapkan sesuai dengan apa yang diinginkan konsumen. Akibatnya timbul hasil yang positif terhadap perkembangan bisnis jasa tersebut. Intinya pebisnis jasa perlu membangun reputasi dan relasi pada calon-calon konsumen yang lain.  (ang)

 

Photo : http://merciar.com

Admin @ukmsuksescom
Admin @ukmsuksescom
Ditulis dan diposting oleh Admin UKMSukses.com

Leave a Reply


− 3 = 6