Peluang Industri Kreatif Dalam Memanfaatkan Internet Marketing

IMG_0619UKMSukses.com – Berbicara masalah peluang di industri kreatif tentu sangat besar dan luas untuk digarap oleh para pelaku Usaha Kecil dan Menengah  (UKM)  di Indonesia. Apalagi kekayaan budaya, tradisi budaya, sumber daya alam dan sumber daya manusia yang banyak  masih bisa terus digali untuk dikembangkan. Industri kreatif, ekonomi kreatif atau kata lainnya adalah industri budaya merupakan industri yang pemanfaatannya berasal dari kreatifitas, keterampilan serta bakat dalam menciptakan lapangan kerja yang fokus pada kreasi dan inovasi.

Baca juga : Mengenal Konsep Bisnis UMKM dengan E-commerce

Peluang industri kreatif masih sangat potensial untuk digarap karena di Indonesia kaya akan budaya dan kreatifitas. Dalam industri kreatif kemampuan produksi dan daya saing produk Indonesia banyak dan mampu menembus pasar global. Strategi yang tepat lah yang dibutuhkan oleh para Usaha Micro Kecil dan Menengah (UMKM), saat ini sudah banyak dukungan dari pihak pemerintah melalui Kemendag dengan mengadakan kegiatan atau acara pelatihan bagi usaha kecil, usaha rumahan dan industri kreatif agar bertujuan meningkatkan ekonomi masyarakat dan mendobrak perekonomian nasional melalui kegiatan atau acara tersebut. Namun, bukan hanya itu saja melainkan perlu adanya cara yang tepat dalam menyiasati strategi pemasaran bagi industri kreatif secara realita dan logis untuk saat ini.

Baca juga : Tips Menembus Pasar Dunia

Untuk pemasaran, industri kreatif di berbagai daerah selama ini dalam hal mendistribusikan produk hanya mengandalkan penjualan secara offline. Produk industri kreatif akan berkembang bila ditopang dengan memanfaatkan internet marketing, sehingga diharapkan mampu menjual produknya dengan baik dan tentunya menguntungkan contohnya dengan menggunakan internet marketing anda bisa: pertama meneliti produk di internet, kedua membidik target pasar, ketiga menganalisa pangsa pasar dengan benar, dan keempat produk dari industri kreatif benar-benar bisa dipromosikan dengan baik ke pasar lokal umumnya dan pasar global khususnya dalam menggunakan internet marketing. Selain itu, cara mengenalkan produk baik itu iklan maupun promosi lebih mudah dilakukan dan tidak memerlukan biaya yang cukup banyak malah cenderung tanpa biaya misalkan menggunakan fasilitas pasang iklan gratis dan lain-lain.

Baca juga : Bagaimana Cara Agar Produk Dapat Bersaing di Pasar Internasional?

Oleh sebab itu, peluang industri kreatif di Indonesia perlu ditingkatkan kembali dalam memanfaatkan internet marketing sehingga dapat membantu meningkatkan penjualan produknya serta memanfaatkan fasilitas kemudahaan yang diberikan dari internet marketing.  (ang)

Iim Rusyamsi (@iimrusyamsi)
Iim Rusyamsi (@iimrusyamsi)
Pemilik bisnis di bidang IT dan Pendidikan. Berkecimpung di dunia bisnis sejak tahun 2000. Saat ini adalah Founder dan CEO PT Mitratama Global Sejahtera dan Direktur & CMO ukmmarket.co.id. Salah satu pendiri Komunitas Tangan Di Atas dan Presiden TDA (2008-2011). Iim aktif menulis Kolom #KlinikUKM pada Detik.com (Detik Finance). Kumpulan artikelnya : http://ukmsukses.com/author/iimrusyamsi/ Follow : @iimrusyamsi Blog: http://iimrusyamsi.com
http://iimrusyamsi.com

Leave a Reply


+ 6 = 10