Mudahnya membuat Web Startup di Indonesia

mudahnya-startupKita masih teringat ketika bisnis dot-com sangat populer di pertengahan tahun 1990an. Ide-ide cemerlang para pebisnis online dari Silicon Valley mendominasi saat itu. Dan pasar meresponnya dengan membeli secara masif saham-saham dot-com yang saat itu orang menyebutnya “blow the bubble”. Sampai saatnya tahun 2000  efek berikutnya adalah “bubble burst.” Saham dot-com berjatuhan, hanya beberapa perusahaan besar yang selamat diantaranya Amazon, eBay dan Yahoo.

Sekarang bisnis dot-com atau kata yang paling tepat adalah web startup, punya kesempatan untuk berkembang kembali dan direspon positif oleh pasar. Semangat membuat bisnis web kembali besar, bukan hanya di silicon valley tapi juga di seluruh dunia.

Ada tujuh  faktor utama kenapa web startup lebih mudah untuk dibangun saat ini. Walaupun dengan konsep bisnis UKM sekalipun.

  1. Harga hardware yang jauh lebih murah saat ini. Dulu saat boom dot-com harga server mencapai Rp 500 juta/server. Sekarang dengan kualitas yang bagus kita bisa beli satu server seharga Rp 10 juta.
  2. Harga lisensi software juga turun drastis. Pengeluaran budget  software dapat dihemat hingga hanya 1/50 dari harga tahun 2000 bahkan dengan kemampuan yang lebih canggih. Penggunaan software gratis berbasis open source  jugamembuat banyak web-startup lebih mudah tumbuh.
  3.  Sumber daya manusia yang lebih murah. Indonesia adalah salah satu negaranya para programmer murah seperti juga India dan Cina. Sangat mudah kita temukan programmer yang punya kemampuan mumpuni di sini, adaptif dan kreatif.
  4. Biaya marketing yang lebih murah. Pay per click advertising membuat biaya marketing web start up menjadi sangat terjangkau. terimakasih kepada google adsense, facebook ads dan start-up-start-up pay per click di Indonesia seperti idblognetwork, Admax dan Sitti juga perkembangan social media seperti twitter yang bisa menjadi penyebar viral marketing.
  5. Makin cepat, mudah didapat dan murahnya koneksi broadband internet. Di kota-kota besar di Indonesia, koneksi internet sangat mudah didapat hanya dengan membeli starterpack provider telekomunikasi dan pulsa sebesar Rp 25 ribu.
  6. Banyaknya distribution channel populer. Tidak usah bingung saat Anda punya startup aplikasi berbasis iOS silahkan pasarkan lewat apple store. Punya aplikasi mobile, silahkan pasarkan lewat apple store, blackberry app world, atau Android market.
  7. Pasar yang kondusif.tapi satu hal yang harganya tidak akan turun. Ide dan waktu.
Dani W. Wardhana (@daniwq)
Mulai berkecimpung di dunia IT dan Advertising mulai tahun 2000. Kemudian fokus di digital agency mulai tahun 2008. Saat ini memimpin Curve 7 Digital Agency, Logyx7 IT Solution dan bisnis rental mobil di Bali. Kumpulan artikel : http://ukmsukses.com/author/wisnuwardhana/ Follow : @daniwq

Leave a Reply


− 1 = 6