Menumbuhkan Potensi Ekonomi Daerah

priamanaya21UKMSukses.com – Masa depan ekonomi Indonesia akan berada di daerah, karena memang disanalah terdapat jutaan potensi bangsa ini, yang menunggu untuk dikelola oleh putera-puteri terbaik bangsa. Survei Mc Kinsey tahun 2012, “The Archipelago: Unleashing Indonesia’s Potential” mengungkapkan hasil penelitiannya agar Indonesia bisa menjadi negara ekonomi ke-7 terbesar didunia pada 2030 nanti. Rasanya mungkin masih lama, tapi 2030 itu tinggal 16 tahun lagi. Kalau kita tidak mempersiapkan diri dari sekarang, potensi-potensi tersebut bisa jadi justru dikelola oleh bangsa lain.

Akademisi, swasta, masyarakat, dan pemerintah – biasa disingkat menjadi ABCG (academician, business, community, government) – mempunyai peranan yang signifikan dalam upaya menumbuhkan potensi-potensi tersebut.

Akademisi berperan memberikan rekomendasi, analisis dan evaluasi melalui berbagai sarana penelitian, seminar pengetahuan, kerjasama dengan sesama stakeholder pengambil dan pelaksana kebijakan, diskusi ilmiah dan berbagai pola lainnya yang bertujuan meningkatkan kemampuan daya saing bangsa secara nyata dan sekaligus membantu menjaga idealisme perjalanan pembangunan sehingga berjalan sesuai kebutuhan dan kepentingan bangsa.

Pemerintah  berperan dalam pelaksanaan program-program unggulan seperti MP3EI serta dalam pembuatan kebijakan dan aturan yang memperhatikan kepentingan nasional secara keseluruhan dan harus memberikan kesempatan kepada pengusaha lokal untuk bisa berpartisipasi dalam pembangunan. Tanpa diberikan kesempatan oleh pemerintah kita sendiri, mereka tidak akan bisa tumbuh dan berkompetisi dengan baik.

Swasta berperan dengan penerapan produktifitas nyata, alih pengetahuan serta teknologi maupun investasi yang ada di semua lini ekonomi negeri. Dan masyarakat berperan dengan memberikan kesempatan dan juga dukungan kepada semua pihak yang ingin meningkatkan kesejahteraan di daerah tersebut serta menjadi bagian aktif dalam proses bekerja dan berkontribusi dalam kegiatan ekonomi yang ada.

HIPMI sebagai organisasi pengusaha muda yang tersebar di seluruh Indonesia mempunyai peran penting menjadi ujung tombak pembangunan di daerah-daerah. Dalam perjalanan ke depan, HIPMI memiliki kewajiban ikut membentuk generasi pengusaha muda yang lebih kreatif dan kritis terhadap tantangan zaman yang hadir.

Priamanaya Djan (@priamanayadjan)
Priamanaya Djan (@priamanayadjan)
CEO Priamanaya Grup, Direktur Utama : PT Priamanaya Energi, PT Austrodwipa Energi, PT Priamanaya Telekomunikasi, PT Langgeng Prosperity Dinamika, BPR Rasyid, dan PT Priamanaya Djan International. Saat ini menjabat Ketua Bidang UKM Dan Koperasi BPP HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia). Kumpulan Artikel : http://ukmsukses.com/author/priamanaya Follow : @priamanayadjan

Leave a Reply


9 + = 11