Meningkatkan Kualitas UKM Mikro Jamu Gendong

07072011(002)UKMSukses.com – Berawal dari keperihatinan para penjual jamu gendong yang semakin langka dan jarang serta meningkatkan kualitas hidup para penjualnya, maka jajaran Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (MenkopUKM) berinisiatif meningkatkan kualitas jamu Indonesia. Dengan mendirikan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), agar usaha jamu gendong yang mempunyai ciri khas produksinya dengan istilah turun-temurun dapat langgeng hingga anak cucu berikutnya.

Selain itu, untuk meningkatkan kualitas jamu gendong para penjual jamu diberikan pelatihan dan keterampilan di berbagai instansi yang berguna untuk meningkatkan mutu dari jamu tersebut. Jamu juga sebagai warisan budaya dari Indonesia yang harus dilestarikan dan diperbaiki kualitas dan harus dilindungi produknya. Melalui kementerian terkait salah satunya Kementerian Kesehatan serta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) UKM jamu gendong agar diberi kemudahan supaya mendapatkan legalitas bagi pelaku jamu mikro tersebut.

Melalui BPOM tersebut pelaku jamu gendong yang tergabung di industri mikro dapat memberikan kemudahan dalam persyaratan dan perizinan serta kemudahan dalam segi pembiayaan terutama modal dan pemasarannya. Dengan inisiatif-inisiatif tersebut berharap jamu gendong dipacu untuk bisa mengembangkan inovasi produk baru agar nampak beda dari penjual yang sejenis.

Selain membuat varian baru jamu bubuk dengan kemasan, jamu gendong juga tidak menghilangkan ciri khas produk lamanya seperti jamu kates (daun papaya), jamu kunir asam (kunyit asam), jamu/wedang suruh (daun sirih), jamu beras kencur, jamu temulawak dan wedang jahe. Dengan ditingkatkan kualitas UKM jamu gendong berharap dapat dipatenkan dan diakui legalitasnya serta menjadi ciri khas budaya dari Indonesia.

Maka dengan langkah keseriusan tersebut industri mikro jamu gendong harus terus berperan aktif dalam mengikuti serangkaian workshop, pameran atau bazar kuliner untuk meluaskan pangsa pasarnya. Dengan begitu, bantuan modalpun sudah barang tentu tidak akan dipersulit, sehingga produk-produk mereka terbayar dengan banyaknya pelanggan dan pesanan yang banyak dari para konsumen jamu.   (ang)

Photo : batiksaca.blogspot.com

Admin @ukmsuksescom
Admin @ukmsuksescom
Ditulis dan diposting oleh Admin UKMSukses.com

Leave a Reply


− 7 = 2