Menilik Bisnis Menguntungkan Di Hari Besar Nasional

hari kartini ukmsuksesUKMSukses.com – Banyak sekali yang diuntungkan dalam memanfaatkan momen dalam penyambutan hari­-hari besar. Utamanya sekali mereka yang kreatif dan jeli dalam melihat peluang dan memanfaatkan moment tersebut untuk dijadikan suatu lahan bisnis yang dapat menguntungkan, terutama menyangkut hari besar nasional seperti Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus, Hari Gizi dan Makanan 25 Januari, Peringatan Serangan Umum di Yogyakarta 1 Maret, Peringatan Bandung Lautan Api 24 Maret, Peringatan Konfrensi Asia Afrika 18 April serta Hari Kartini di tanggal 21 April dan masih banyak lagi. Untuk memperingati hari besar nasional tersebut biasanya ada beberapa pihak yang sengaja mengadakan kegiatan peringatan yang diselenggarakan dari berbagai instansi, dinas dan sekolah. Dalam kegiatan tersebut biasanya ada acara-acara yang berbentuk upacara, perlombaan dan acara seremonial unik lainnya untuk menyambut hari besar tersebut. Dengan adanya kegiatan tersebut, anda bisa menilik peluang apa saja yang bisa dijadikan lahan bisnis buat anda.

  1. Penyewaan Tenda, Panggung, Kursi dan Jasa Dekorasi

Peluang bisnis ini sangat menguntungkan terutama saat musim pernikahan, peringatan, acara pesta rakyat, kematian, sunatan dan acara hiburan lainnya. Tidak hanya itu, peluang bisnis ini juga sangat menguntungkan ketika ada kegiatan di hari besar nasional. Penyewaan berupa tenda, panggung dan kursi dibutuhkan ketika ada acara tersebut. Di dalam bisnis penyewaan juga harus bisa membuat peluang atau deferensiasi usaha lainnya seperti, penyewaan sound system, alat-alat musik dan artis serta bisnis jasa dekorasi panggung dan tenda.

  1. Menyediakan jasa katering

Selain penyewaan tenda, panggung dan lain-lain biasanya panitia penyelenggara juga membutuhkan jasa katering untuk para panitia, sekaligus peserta yang akan mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh panitia tersebut. Moment tersebut harus dimanfaatkan untuk menyediakan jasa katering. Biasanya katering tersebut dalam jumlah yang tidak sedikit sehingga bisa dijadikan peluang untuk berbisnis.

  1. Jasa Fotografer

Bagi sebagian orang ada yang suka memanfaatkan moment-moment tertentu, terutama halnya dalam kegiatan di hari besar nasional untuk dijadikan kenangan untuk disimpan sebagai bahan koleksi. Dalam hal ini, jasa fotografer sangat menjanjikan untuk peluang bisnis tersebut. Jasa seperti ini bisa dibayar oleh panitia penyelenggara yang menyewanya atau bisa juga dengan di bayar per foto dan di jual langsung kepada pembeli yang sudah difoto tersebut.

Peluang bisnis di hari besar nasional memang sungguh menjanjikan asalkan sebisa mungkin menilik peluang dan jeli serta kreatif dalam menjadikan peluang bisnis tersebut menguntungkan bagi anda. Maka perlu di promosikan dengan baik, bisa melalui orang ke orang ataupun melalui media sosial yang tidak perlu membutuhkan biaya yang cukup besar. (ang)

Photo : teachernabil.blogspot.com

Iim Rusyamsi (@iimrusyamsi)
Iim Rusyamsi (@iimrusyamsi)
Pemilik bisnis di bidang IT dan Pendidikan. Berkecimpung di dunia bisnis sejak tahun 2000. Saat ini adalah Founder dan CEO PT Mitratama Global Sejahtera dan Direktur & CMO ukmmarket.co.id. Salah satu pendiri Komunitas Tangan Di Atas dan Presiden TDA (2008-2011). Iim aktif menulis Kolom #KlinikUKM pada Detik.com (Detik Finance). Kumpulan artikelnya : http://ukmsukses.com/author/iimrusyamsi/ Follow : @iimrusyamsi Blog: http://iimrusyamsi.com
http://iimrusyamsi.com

Leave a Reply


5 + 5 =