Mengenal Konsep Bisnis UMKM dengan E-commerce

ecommerce indonesiaUKMSukses.com – Jika ditanya tentang bisnis e-commerce, mungkin kebanyakan dari kita hanya akan menjawab bahwa bisnis e-commerce adalah bisnis jual beli online. Namun lebih dari itu sebenarnya bisnis e-commerce bisa menguntungkan layaknya pebisnis lain yang lebih besar dari itu. Bisnis yang mengutamakan jual beli barang tertentu dan menjualnya di internet, biasa disebut dengan e-commerce, atau yang paling sederhananya adalah toko/warung online. Ada beberapa konsep bisnis umkm dengan e-commerce diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Memahami konsep pengertian e-commerce

Pemanfaatan teknologi informasi dalam menjalankan bisnis atau sering dikenal dengan istilah e-commerce bagi perusahaan kecil dapat memberikan fleksibilitas dalam produksi, memungkinkan pengiriman ke pelanggan secara lebih cepat untuk produk perangkat lunak, mengirimkan dan menerima penawaran secara cepat dan hemat, serta mendukung transaksi cepat tanpa kertas.

  1. Mengenal konsep peluang dan hambatan

Konsep yang paling mendasar adalah memperluas wawasan mengenai peluang dan hambatan perdagangan melalui perdagangan online. Untuk peluang sebenarnya e-commerce diharapkan untuk memberi suntikan energi, semangat dan solusi terhadap pelaku UKM. Sementara hambatan yang pasti tidak ter-elakan adalah mengenai kendala teknis dan non-teknis baik terhadap pemerintah, antar pebisnis atau kepada pera konsumen yang memanfaatkannya.

  1. Konsep pemanfaatan dan implementasi teknelogi e-commerce

Kemajuan teknologi harus dimanfaatkan dan diimplementasikan sebaik mungkin oleh para pelaku UKM dikarenakan mengembangkan peluang bisnisnya terbuka lebar, pemanfaatan teknologi informasi bisa dilakukan dengan cara B2B (Business to Business), marketplace yaitu pasar yang terbentuk dan secara dunia maya mempertemukan para penjual dan penjual dan terakhir dalam operasional bisnisnya mendapatkan akses pasar yang lebih luas. Sedangkan implementasi teknologi e-commerce bisa dilakukan dengan mengembangkan produk, promosi, transaksi online, pengiriman dan layanan.

Photo : bysoftchina.com

Dani W. Wardhana (@daniwq)
Mulai berkecimpung di dunia IT dan Advertising mulai tahun 2000. Kemudian fokus di digital agency mulai tahun 2008. Saat ini memimpin Curve 7 Digital Agency, Logyx7 IT Solution dan bisnis rental mobil di Bali. Kumpulan artikel : http://ukmsukses.com/author/wisnuwardhana/ Follow : @daniwq

Leave a Reply


5 − = 1