Mengembangkan Bisnis UMKM melalui Komunikasi Personal

komunikasi personal ukmsuksescomUKMSukses.com –  Komunikasi sangatlah penting bagi aspek manusia terutama dalam segi kehidupan berbisnis. Komunikasi dibutuhkan untuk mengekspresikan gagasan, perasaan, harapan dan kesan kepada sesama lalu untuk memahami gagasan, perasaan dan kesan orang lain. Komunikasi personal atau yang sering disebut komunikasi pribadi merupakan komunikasi seputar diri seseorang, baik itu sebagai komunikan atau sebagai komunikator.

Hal ini juga sama seperti apa yang dilakukan Dampu Design yang merupakan salah satu Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang sukses menembus pasar multinasional bahkan sampai ASEAN. Misalkan saja dalam mengembangkan bisnisnya Dampu Design banyak melakukan komunikasi personal, lewat mulut ke mulut kepada para kliennya. Bisnisnya sudah banyak manyasar target perusahaan menengah sampai multinasional bahkan untuk terus mengembangkan bisnisnya lewat  pasar ASEAN dan global.

Baca juga : Membangun Ekspektasi dan Membuat Pelanggan Takjub

Fungsi komunikasi personal pada dasarnya  merupakan komunikasi yang sederhana dimana hanya menggunakan bahasa baku dan pesannya lebih ringan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai cara mengembangkan bisnis UMKM pada komunikasi personal.

Baca juga : 6 Keterampilan yang Harus Dimiliki untuk Memulai Usaha

Pertama, bahwa setiap pelaku usaha UMKM harus bisa mengkomunikasikan perusahaan atau bisnisnya agar menumbuhkan jati diri sebagai fungsi dari kebutuhan psikologis.
Kedua adalah menunjukan eksistensi bisnis maksudnya meningkatkan eksistensi bisnis dalam mengembangkan usaha kepada para klien atau para investor terlebih pada kalayak ramai disini berarti masyarakat luas, biasanya jika tidak intens dalam mengembangkan eksistensi bisnisnya maka akan berakibat pada eksistensi bisnis itu sendiri sehingga kurang dikenal oleh masyarakat luas.
Ketiga adalah komunikasi personal dengan menjaga kualitas nama baik perusahaan, potensi untuk menjaga kualitas nama baik perusahaan bisa dilakukan dengan menyesuaikan norma sosial, agama sehingga akan berdampak pada menaikan kualitas harga diri perusahaan. (ang)

Sumber foto : verbal-communication.com

Dani W. Wardhana (@daniwq)
Mulai berkecimpung di dunia IT dan Advertising mulai tahun 2000. Kemudian fokus di digital agency mulai tahun 2008. Saat ini memimpin Curve 7 Digital Agency, Logyx7 IT Solution dan bisnis rental mobil di Bali. Kumpulan artikel : http://ukmsukses.com/author/wisnuwardhana/ Follow : @daniwq

One thought on “Mengembangkan Bisnis UMKM melalui Komunikasi Personal

Leave a Reply


5 − 1 =