Memahami Arti Pentingnya Persaingan UMKM

817030.TIFUKMSukses.com – Saat ini yang namanya hidup penuh dengan persaingan, baik itu antar individu maupun kelompok. Begitupun yang terjadi di dunia usaha dan tidak menutup kemungkinan terjadi pada para pelaku Usaha Micro Kecil dan Menengah (UMKM) sadar ataupun tidak memicu timbulnya persaingan diantaranya sehingga mengakibatkan usaha yang begitu keras untuk meluangkan tenaga, waktu dan pikiran untuk memenangkan persaingan.

Keberhasilan bisnis merupakan kunci sukses yang ditentukan dengan memahami arti pentingnya pesaing. Persaingan pada dasarnya terbagi kedalam dua golongan yaitu pesaing destruktif dan pesaing kontruktif. Pesaing destruktif bertujuan melemahkan bahkan bisa menghancurkan pangsa pasar pesaing suatu bisnis, sedangkan pesaing kontruktif, kebalikannya yaitu dengan menciptakan persaingan yang sehat dan menciptakan iklim yang saling mendukung.

Memahami arti persaingan harus disikapi dengan pikiran bijak dan tetap fokus pada layanan dan kualitas produk agar konsumen tetap loyal dan tidak berpaling. Pada intinya arti persaingan tidak hanya untuk memenangkan atas persaingan tersebut melainkan bagaimana kita berjuang mengerahkan kemampuan semaksimal mungkin untuk dapat bersaing. Bukan hanya produknya saja tetapi pada pelaku persaingan yang harus positif, akibatnya yang menang persaingan bisa menebarkan nilai positif daripada negatifnya. Dengan persaingan maka akan timbul kompetisi yang positif sehingga dapat meningkatkan motivasi eksternal yang mendorong ke arah perbaikan suatu bisnis.

Ada beberapa tipe persaingan menurut tingkatan produk diantaranya adalah persaingan merek/brand, persaingan ini terjadi ketika pesaing lain memproduksi produk atau jasa yang sama, contoh: Coca-Cola dengan Pepsi Cola; persaingan industri yaitu persaingan yang membuat produk atau kelas produk yang sama, contoh : Coca-cola membuat produk minuman kemasan dengan merek Ades; persaingan produk yaitu persaingan yang menganggap memproduksi produk dengan jasa yang sama, contoh : Sido Muncul tidak hanya produk Tolak Angin tetapi membuat produk lainnya dan persaingan generik yaitu persaingaan yang dianggap bersaing untuk uang konsumen yang sama.

Persaingan jangan dijadikan suatu lawan, tetapi jadikanlah suatu yang bisa disebut dengan sparring partner, karena istilah tersebut sama dengan mendukung secara langsung dalam meningkatkan produk dipasaran. Dalam sebuah kompetisi subtansinya ada kalah dan menang, itu akan membuat lebih kuat dan belajar dari pengalaman agar usahanya tetap berdiri. Dasarnya adalah persaingan bukanlah hal yang menakutkan melainkan sesuatu yang harus dihadapi guna mengembangkan kreatifitas, inovasi dan mengembangkan kemajuan teknologi. Itulah bagaimana sebuah persaingan bisnis UMKM atau bisnis UKM akan mendorong pada kemajuan peradaban bisnis. (ang).

Photo :     http://www.buzzom.com

Iim Rusyamsi (@iimrusyamsi)
Iim Rusyamsi (@iimrusyamsi)
Pemilik bisnis di bidang IT dan Pendidikan. Berkecimpung di dunia bisnis sejak tahun 2000. Saat ini adalah Founder dan CEO PT Mitratama Global Sejahtera dan Direktur & CMO ukmmarket.co.id. Salah satu pendiri Komunitas Tangan Di Atas dan Presiden TDA (2008-2011). Iim aktif menulis Kolom #KlinikUKM pada Detik.com (Detik Finance). Kumpulan artikelnya : http://ukmsukses.com/author/iimrusyamsi/ Follow : @iimrusyamsi Blog: http://iimrusyamsi.com
http://iimrusyamsi.com

Leave a Reply


7 − 4 =