Manfaatkan Internet Sebagai Sarana Marketing Produk Anda

  1. Anda perlu membuat website toko online agar bisnis berkembang. Buatlah toko online yang sederhana dan murah. Mintalah bantuan beberapa rekan yang sudah berpengalaman untuk membimbing Anda membuatnya.
  2. Bergabunglah dengan beberapa toko online yang sudah besar, titipkan produk Anda di toko online tersebut.
  3. Daftarkan juga produk-produk Anda di marketplace seperti ukmmarket.co.id dan lainnya, sehingga produk Anda dapat dengan mudah dipasarkan di Internet.
  4. Dari sekarang harus sudah bisa memanfaatkan social media yang ada, karena social media sangat penting dalam memajukan bisnis Anda, mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Google+ dan lain-lain.
  5. Bidiklah target pasar yang spesifik dan jelas. Lihat data diatas, sebagian besar pengguna adalah wanita dan berumur relative muda, sesuaikan produk Anda untuk target pasar tersebut. Produk untuk pria untuk sangat laku di Internet, kaum wanitalah yang akan mempunyai pengaruh untuk memilihkan produk untuk pasangannya.
  6. Google banyak memberikan fasilitas dalam membantu kita sukses berjualan di Internet pelajari apa saja yang diberikan Google dan manfaatkan untuk bisnis Anda. Seperti search engine marketing, Google Analytics, Youtube, Gmail, Google Ads dan lainnya.
  7. Bergabunglah dengan forum-forum atau komunitas yang banyak memberikan pencerahan dalam penjualan di Internet, ikuti pelatihan, seminar, buku-buku yang disarankan agar Anda bisa mempercepat kesuksesan di Internet.
  8. Buatlah tulisan-tulisan ringan Anda yang bisa dimuat di blog dan portal lainnya. Konten tulisan yang bermanfaat dan ada keterkaitan dengan produk Anda akan sangat membantu mendatangkan pengunjung ke toko online Anda. Semakin rajin Anda berbagi tulisan, semakin besar peluang untuk mendatangkan pelanggan.
  9. Cantumkan alamat web toko online Anda diberbagai media bisnis Anda, misalnya : kartu nama, baju seragam, jaket motor, stiker, kop surat, spanduk, papan nama toko dan lainnya. Biasakan untuk menyebarkan alamat web tersebut disetiap kesempatan.
  10. Gaya hidup Anda akan berubah disaat Anda sudah memulai bisnis di Internet. Anda akan terbiasa dengan aktifitas online seperti mengecek website, merespon email/pesan/messenger, berkomunikasi secara online dengan pelanggan, selalu membawa perangkat selular yang memudahkan Anda mengontrol bisnis online Anda.
  11. Lakukan pelayanan pelanggan dengan cepat dan baik. Karena jika kita tidak melayani dengan cepat dan baik, mereka akan tidak lagi percaya dengan toko online Anda. Bisnis toko online di Internet adalah membangun tingkat kepercayaan pelanggan kepada bisnis Anda, semakin mereka puas dengan layanan Anda, mereka akan mempromosikan Anda ke jejaringnya.
  12. Bangun rasa aman yang tinggi kepada pelanggan Anda. Mereka akan merasa aman melakukan transaksi dengan Anda secara online. Penuhi janji dan respon yang cepat akan meningkatkan rasa aman mereka dalam bertransaksi dengan mereka.

Demikian sebagian tips yang bisa saya berikan, mulailah untuk mempersiapkannya dan berjuang untuk memenangkan kesuksesan Anda dalam berbisnis di Internet. Selamat berjuang!

 

 

Iim Rusyamsi (@iimrusyamsi)
Iim Rusyamsi (@iimrusyamsi)
Pemilik bisnis di bidang IT dan Pendidikan. Berkecimpung di dunia bisnis sejak tahun 2000. Saat ini adalah Founder dan CEO PT Mitratama Global Sejahtera dan Direktur & CMO ukmmarket.co.id. Salah satu pendiri Komunitas Tangan Di Atas dan Presiden TDA (2008-2011). Iim aktif menulis Kolom #KlinikUKM pada Detik.com (Detik Finance). Kumpulan artikelnya : http://ukmsukses.com/author/iimrusyamsi/ Follow : @iimrusyamsi Blog: http://iimrusyamsi.com
http://iimrusyamsi.com

Leave a Reply


− 1 = 2