Manfaatkan Internet Sebagai Sarana Marketing Produk Anda



UKMSukses.com
– Saat ini pemakai Internet di Indonesia sangat meningkat disbanding tahun sebelumnya, Pada bulan April 2015 lalu, data dari Pusat Kajian Komunikasi (PUSKAKOM) UI menampilkan data bahwa pemakai Internet di Indonesia mencapai 88,1 juta. Sebanding dengan 34,9% dari jumlah penduduk Indonesia yang ada sebesar 252,6 juta. Dan ini meningkat cukup banyak dibanding dengan tahun 2013 yang mencapai 28,6% dari jumlah penduduk Indonesia.

Hasil survey juga menyatakan bahwa 85% pengguna Internet menggunakan perangkat seluler berjenis smart phone sebagai peringkat pertama. Peringkat kedua dan seterusnya adalah laptop, pc computer, tablet. Rata-rata mereka menghabiskan waktunya di Internet hingga 1-3 jam per hari.

Tahun 2014, belanja online yang dilakukan oleh pengguna Internet di Indonesia mencapat Rp. 21 triliun dan tahun 2015 lalu diprediksi mencapai Rp. 50 triliun. Bersumber dari TechinAsia bahwa rata-rata pengeluaran online orang di Indonesia mencapai Rp. 825.000 per orang per tahun.

Berdasarkan data beberapa produk yang paling di cari di Internet oleh pengguna di Indonesia adalah : makanan, fashion, elektronik, travel, mobil dan property. Kita juga harus memanfaat data bahwa sebagian besar wanita melakukan belanja online, dengan rata-rata umur sekitar 18-35 tahun, 67% dari mereka mencari produk fashion di online.

Dengan data tersebut kita yakini bahwa dunia ecommerce (perdagangan melalui Internet) di negeri kita akan sangat pesat pertumbuhannya. Ini peluang yang sangat besar bagi pelaku UMKM khususnya yang memiliki produk kerajinan tangan, industry kreatif, kuliner dan fashion untuk bisa berjualan secara online di Internet.

Sebagai pelaku UMKM dan kerajinan tangan sudah saatnya untuk membuat bisnis model baru dengan memanfaatkan kanal-kanal di Internet agar memudahkan dan meningkat pemasaran produk-produknya ke nusantara bahkan ke penjuru negara-negara tetangga.

Beberapa tips dari saya untuk Anda bisa menyiapkan meningkatkan pemasaran di Internet adalah :

Iim Rusyamsi (@iimrusyamsi)
Iim Rusyamsi (@iimrusyamsi)
Pemilik bisnis di bidang IT dan Pendidikan. Berkecimpung di dunia bisnis sejak tahun 2000. Saat ini adalah Founder dan CEO PT Mitratama Global Sejahtera dan Direktur & CMO ukmmarket.co.id. Salah satu pendiri Komunitas Tangan Di Atas dan Presiden TDA (2008-2011). Iim aktif menulis Kolom #KlinikUKM pada Detik.com (Detik Finance). Kumpulan artikelnya : http://ukmsukses.com/author/iimrusyamsi/ Follow : @iimrusyamsi Blog: http://iimrusyamsi.com
http://iimrusyamsi.com

Leave a Reply


8 + = 14