Langkah Positioning yang Pas untuk UKM

cokodotUKMSukses.com – Berbicara langkah positioning anda harus mengetahui pengertian positioning. Positioning merupakan strategi komunikasi atau tindakan komunikasi untuk merancang produk dan bauran pemasaran agar tercipta kesan tertentu sehingga selalu diingat oleh konsumen.

Kalau anda pernah liburan dan tinggal di Garut, anda pasti tidak asing akan “jajanan cokodot” yaitu jajanan yang berupa coklat dan dodol asli dari Garut. Toko/warung yang menyediakan cokodot berada di sepanjang jalan menuju kota Garut atau yang kearah pemandian air panas di kota Garut. Tidak hanya cokodot jajanan yang khas yang merupakan asli dari kota Garut tersedia di toko-toko yang meyediakan cokodot berupa rujak dodol, asam jawa yang ditaburi gula pasir, ranginang murni dan ranginang coklat serta banyak lagi jenis makanan yang lainnya.

Sekilas memang tidak ada yang aneh dengan toko/warung yang menjajakan aneka yang berupa jajanan oleh-oleh khas Garut tersebut. Namun usaha kecil dan menengah tersebut tidak hanya satu tempat usaha melainkan banyak toko/usaha yang menjajakan usaha tersebut.  Nah yang menarik dari toko-toko yang menjajakan jajanan cokodot tersebut adalah dengan banyaknya persaingan dan menjajakan barang yang sama untuk dijual kepada konsumen. Langkah-langkah positioning yang pas untuk UKM seperti toko cokodot adalah sebagai berikut:

Tentukan target yang anda bidik

Bisnis jajanan cokodot menyasar orang-orang yang membeli oleh-oleh jajanan khas asli Garut, sasarannya bisa menengah ke atas atau menengah ke bawah tergantung dari budget para masing-masing konsumen .

Tentukan lokasi sesuai target anda

Pilih lokasi yang dapat dilalui oleh kendaraan bermotor khususnya pilihlah di pinggir jalan yang banyak dilalui oleh kendaraan besar seperti bus pariwisata, kendaraan trevel dll.

Tentukan karyawan anda

Cari karyawan yang supel artinya karyawan yang bisa menawarkan sekaligus melayani para konsumen yang datang ke tempat anda

Lengkapi toko/warung anda

Dengan banyaknya pilihan yang ada di toko anda maka konsumen tidak perlu lagi pindah-pindah toko untuk mencari jajanan yang diinginkan oleh para konsumen.

Hanya perlu untuk diingat, bahwa positioning bersifat dinamis maksudnya adalah bahwa persepsi tentang konsumen terhadap suatu produk/merek/nama perusahaan dan lain-lain, bersifat relatif terhadap perubahan pasar. Begitu keadaaan pasar berubah atau pendatang baru berhasil menguasai tempat tertentu maka positioning produk anda berubah. Oleh sebab itu, strategi positioning perlu terus di evaluasi, dikembangkan, dipelihara dan diperbesar.

Sumber foto : liviaardelia.files.wordpress.com

Admin @ukmsuksescom
Admin @ukmsuksescom
Ditulis dan diposting oleh Admin UKMSukses.com

Leave a Reply


8 − = 6