Langkah-langkah Agar Dapat Mengekspor Produk

ekspor_ukmsuksesJika Anda mempunyai produk yang dapat di ekspor karena mempunyai kualitas yang baik dan adanya permintaan pasar luar negeri, maka Anda harus mempersiapkan produk Anda dan perusahaan Anda agar dapat mengirim produk tersebut ke luar negeri dan masuk ke jajaran daftar produk dalam negeri yang sudah di ekspor yang sudah memenuhi standar nasional maupun internasional.

Berikut langkah-langkah untuk dapat mengekspor produk usaha kita:

1. Mengikuti pameran di lokal, pameran yang rutin dilaksanakan dan sudah mempunyai citra yang baik dari buyer (pembeli) international adalah seperti: Inacraft, Pekan Raya Jakarta, Pameran Produksi Indonesia, Pekan Produk Kreatif Indonesia, Pameran Furnitur and Interior Indonesia dan lain-lain.

2. Mengikuti pameran di luar negeri, pameran ini biasanya diselenggarakan oleh kedutaan besar Indonesia di luar negeri yang memamerkan produk-produk Indonesia. Dan juga bisa mengikuti pameran international yang diselenggarakan oleh negara setempat, misalnya di Malaysia secara rutin mengundang pengusaha Indonesia untuk mengikuti pameran : Pameran Perdagangan Halal Antarabangsa Malaysia (MIHAS).

3. Anda wajib mempunyai website di Internet. Bisa berbentuk company profile atau lebih baik lagi berbentuk toko online. Sehingga memudahkan para buyer International mencari dan menemukan Anda di Internet sehingga bisa langsung berkomunikasi dengan Anda.

4. Disarankan Anda menjadi mitra binaan dari BUMN yang ada sehingga mereka dapat membantu dan memfasilitasi usaha mebel Anda menjadi besar dan mempunyai jejaring usaha yang kuat baik di lokal maupun mancanegara.

Untuk kebutuhan dokumen legalitas ekspor, Anda harus sudah memikirkan untuk mempunyai usaha yang mempunyai legalitas yang lengkap seperti: SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), TDP (tanda daftar perusahaan), NPWP (nomor pokok wajib pajak) dan perizinan lainnya yang berhubungan dengan produk yang Anda akan ekspor. Sedangkan dokumen ekspor lainnya yang Anda harus ketahui adalah: 

  • Sale Contract (Kontrak penjualan)
  • Commercial invoice (Faktur Perdagangan)
  • Letter of Credit (L/C)
  • Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB)
  • Bill of Lading ( B/L ) / Air Way Bill (AWB)
  • Polis Assuransi
  • Packing List
  • Certificate of Origin/ Surat Keterangan Asal (SKA)
  • Quality Statement/ Surat Pernyataan Mutu
Iim Rusyamsi (@iimrusyamsi)
Iim Rusyamsi (@iimrusyamsi)
Pemilik bisnis di bidang IT dan Pendidikan. Berkecimpung di dunia bisnis sejak tahun 2000. Saat ini adalah Founder dan CEO PT Mitratama Global Sejahtera dan Direktur & CMO ukmmarket.co.id. Salah satu pendiri Komunitas Tangan Di Atas dan Presiden TDA (2008-2011). Iim aktif menulis Kolom #KlinikUKM pada Detik.com (Detik Finance). Kumpulan artikelnya : http://ukmsukses.com/author/iimrusyamsi/ Follow : @iimrusyamsi Blog: http://iimrusyamsi.com
http://iimrusyamsi.com

Leave a Reply


9 − = 1